SPACE IKLAN

header ads

Biaya Tes Masuk Unram Mencekik, Mahasiswa Minta Ombudsman NTB Dalami

Foto. Istimewa. 

Oleh. Dvd. 
Selasa, 26 Juni 2023.
Editor. BQ Nining. 

MATARAM, WartaBumigora -Aliansi Mahasiswa Unram Melawan (AMUM) melaporkan kasus Refresifitas gerakan mahasiswa Unram ke Ombudsman RI perwakilan NTB.

Dalam rangka menindak lanjuti permasalah represifitas pihak pengamanan kampus dan terkait kenaikan harga pendaftaran mandiri yang dari Rp. 250.000 menjadi Rp. 500.000. pada Senin, ( 26/06/2023 ). 

Martoni Ira Malik selaku Kordum menegaskan dibandingkan perguruan tinggi lain seperti Universitas Udayana, biaya pendaftaran seleksi mandiri lebih murah, yakni Rp. 450 Ribu.

“Universitas Udayana juga berstatus BLU seperti unram, namun perekonomian daerahnya lebih maju dibandingkan dengan NTB,” terangnya.

Selain itu, permasalah represifitas yang dilakukan oleh satpam Unram menjadi salah satu poin pelaporan oleh Aliansi.

“Pelaporan ini merupakan langkah alternatif dan diharapkan memberi efek jera untuk satpam unram,” jelasnya.

Aliansi Mahasiswa Unram Melawan berharap hal ini dapat ditindak cepat oleh pihak yang berwenang, karena beberapa mahasiswa telah menjadi korban atas tindakan represif dari pihak satpam kampus.

Menanggapi itu, Kepala Ombudsman NTB, Dwi Sudarsono menegaskan akan mendalami laporan tersebut. Baik tentang kenaikan biaya pendaftaran seleksi mandiri maupun Standar Operasional Prosedur (SOP) pengamanan Kampus.

Menurut Dwi, SOP tidak hanya digunakan satpam Unram saat mengamankan unjuk rasa. Tapi juga prototipe saat tidak ada demonstrasi. Karena itu menurut Dwi, pihak keamanan Unram mesti memiliki SOP yang ketat.

“Kami juga sedang mencari tahu SOP yang jelas untuk pengaman Kampus,” ujarnya.

Terkait biaya pendaftaran jalur mandiri, pihaknya akan mendalami apakah meningkatnya biaya tersebut sesuai regulasi atau ada alasan lain.

“Akan kami dalami, apa dasar kenaikan itu dilakukan,” ucapnya. 

Apalagi, sambungnya, kenaikan angka sampai seratus persen. Yang sebelumnya Rp250 ribu menjadi Rp500 ribu. “Itu yang kami dalami,” katanya.

Terkait dua isu utama laporan ini, Ombudsman NTB masih menunggu kelengkapan berkas mahasiswa Unram. Seperti identitas korban, yakni KTP atau KTM. Kemudian sejumlah bukti, antara lain kronologi dugaan penganiayaan dan bukti (foto dan video).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar