SPACE IKLAN

header ads

𝗖𝗲𝗴𝗮𝗵 𝗞𝗲𝗯𝗮𝗸𝗮𝗿𝗮𝗻 𝗛𝘂𝘁𝗮𝗻 𝗱𝗶 𝗡𝗧𝗕, 𝗚𝘂𝗯𝗲𝗿𝗻𝘂𝗿 𝗦𝗶𝗮𝗽𝗸𝗮𝗻 𝗣𝗼𝘀𝗸𝗼

Foto. Ilustrasi.

Oleh. ll.
Selasa, 29 Agustus 2023.
Editor, Lalu.

𝗠𝗔𝗧𝗔𝗥𝗔𝗠,𝗪𝗮𝗿𝘁𝗮𝗕𝘂𝗺𝗶𝗴𝗼𝗿𝗮 - Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr H Zulkieflimansyah, SE, MSc menerima Tim Terpadu Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. dan menyambut baik rencana membentuk sub posko SiPongi dan Masyarakat Peduli Api (MPA) di NTB. 

Tim yang diketuai Jhoni Siahaan, Staf Khusus KLHK mengatakan, kunjungan tim selain mengetahui kondisi lapangan juga mengaktifkan kembali koordinasi dan penanganan Karhutla sampai di level daerah titik api. 

"Secara umum, Karhutla di NTB turun sejak 2021. Untuk itu koordinasi penanganan kita aktifkan      juga sosialisasi penanganan api untuk MPA yang akan dibentuk", jelasnya. 

Ia menguraikan, sistem monitoring SiPongi (sistem informasi deteksi dini pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang berbasis aplikasi dan web. SiPongi ini berbasis data bernama satelit NOAA dan Tera serta dibantu cahaya matahari) yang menjadi informasi rujukan titik api yang berkedudukan di Bali. 

"Kita koordinasi intens dengan Kadis LHK, kepala balai taman nasional, BKSDA dan stakeholder lain seperti BPBD, TNI dan Polri, khusus diluar kawasan taman nasional untuk antisipasi munculnya hotspot. Begitupula dengan MPA yang akan diedukasi dari pencegahan sampai penanganan dengan melibatkan masyarakat ", ujar Jhoni. 

Upaya ini juga sebagai antisipasi memasuki kemarau panjang tahun ini yang memiliki potensi Karhutla di kedua pulau utama yang tersebar di semua daerah di NTB. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar