SPACE IKLAN

header ads

MES NTB dan UNU NTB Roadshow Literasi Digital di Desa Taman Ayu

Foto. Istimewa.

Oleh. ll.
Kamis, 10 Agustus 2023.
Editor, Lalu.

LOMBOK BARAT, WartaBumigora -- Roadshow Literasi Digital yang mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digitalisasi Berbasis Potensi Desa Dan Kelurahan Untuk Membangun Peradaban Bersama UNU NTB". Kegiatan ini diselenggarakan di halaman Kantor Desa Taman Ayu Kec. Gerung pada hari Rabu (10/8/2023). Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo Bonifasius Wahyu Putjianto, Kadis DPMPTSP Provinsi NTB Drs. H. Wirajaya Kusuma, Ketua MES NTB Dr. Baiq Mulianah, M.Pd., Kadis Kominfotik Kab. Lobar Ahad Legiarto, ST., M.Eng., Kades Taman Ayu M. Tajudin, S.Sos.I., Perwakilan OJK NTB.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo RI Bonifasius Wahyu Putjianto menyampaikan bahwa Kementerian Kominfo terus memberikan edukasi Literasi Digital kepada masyarakat dengan mengadakan pelatih setiap tahun yang bekerja sama dengan Pandu Digital dan Perguruan Tinggi. Salah satu Perguruan Tinggi di NTB yang bermitra dengan Kementerian Kominfo dalam program ini adalah UNU NTB. Tujuan dari program Literasi Digital diharapkan dapat meningkatkan sikap rasa cinta tanah air dan kepekaan sosial dalam Literasi Digital.

"Program Literasi Digital ini bekerja sama dengan Pandu Digital dan Perguruan Tinggi dalam memberikan edukasi Literasi Digital kepada masyarakat", ungkapnya.

Sementara itu Kadis DPMPTSP Provinsi NTB Drs. Wirajaya Kusuma mewakili Sekda Provinsi NTB menyampaikan apresiasi kepada Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) NTB yang telah menjalankan program Mawar Emas dalam memberikan modal usaha kepada masyarakat berbasis masjid dengan besaran 1-3 juta tanpa bunga dan jaminan. Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada setiap pelaku usaha untuk memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) yang bisa diperoleh melalui aplikasi OSS. 

"Kita sedang berada di era digitalisasi, termasuk dibidang perizinan. Kami mengajak semua pelaku usaha agar memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui aplikasi OSS. Serta setiap pelaku usaha menjaga lingkungan agar tetap hijau", terangnya.

Pada kesempatan ini Ketua MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) NTB Dr. Bq. Mulianah mengutarakan bahwa MES NTB telah meluncurkan Program Mawar Emas pada tanggal 12 Agustus 2020 yakni bantuan usaha kepada ibu-ibu jamaah masjid. Besaran bantuan program ini 1-3 juta per orang tanpa bunga dan jaminan dengan lama pinjaman selama 1 tahun.

"Program Mawar Emas ini sudah kami jalankan selama 3 tahun, sasaran program ini adalah ibu-ibu pengajian", terangnya.

Dr. Baiq Mulianah yang menjabat juga sebagai Rektor UNU NTB menjelaskan bahwa MES NTB hanya meminta laba dari Program Mawar Emas yakni ibu-ibu mau mengaji di Masjid. Sehingga ibu-ibu jamaah pengajian ikut serta memakmurkan Masjid. Jamaah pengajian diharapkan juga memanfaatkan kemajuan teknologi di bidang ekonomi dalam literasi ekonomi digital. Pada kesempatan ini MES akan menyerahkan bantuan modal usaha kepada anggota Forum Disabilitas Desa Taman Ayu sebesar 1 juta per anggota. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi MES NTB kepada Forum Disabilitas atas semangat untuk maju dan rasa kesetaraan.

"Laba yang kami inginkan adalah ibu-ibu mau mengaji di Masjid untuk memakmurkan Masjid. Serta mengajak jamaah untuk memanfaat teknologi untuk kemajuan ekonomi dan literasi digital. Kami akan memberikan bantuan modal usaha kepada saudara kita yang tergabung dalam Forum Disabilitas Desa Taman Ayu", tutupnya.

Sementara itu Kadis Kominfotik Lobar Ahad Legiarto, ST., M.Eng menyampaikan bahwa Lombok Barat sedang menuju Kabupaten Smart City. Salah satunya yakni sedang menyusun Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). Saat ini penyusunan SPBE Lombok Barat mendapatkan katagori Baik dan terbaik di Provinsi NTB. Untuk mendukung percepatan digitalisasi Desa, Pemda Lombok Barat sedang menyelesaikan perjanjian kerjasama (PKS) dengan Universitas Islam Negeri Mataram. Pemda juga berharap kepada Desa untuk memaksimalkan pemanfaatan website desa dan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) untuk kemajuan desa masing-masing.

"Apapun Literasi Digital kita harus kita mengikutinya, kami sedang menyusun SPBE dan memperoleh katagori Baik dan terbaik di Provinsi NTB. Kami siap mendampingi KIM Desa Taman Ayu, percepatan digitalisasi Desa kami sedang selesaikan PKS dengan UIN. kami berharap UNU NTB juga bisa mengadakan PKS dengan Lobar. Mohon website desa untuk dimaksimalkan", tegasnya.

Kades Taman Ayu M. Tajudin, S.Sos.I menyampaikan ucapan terima kasih kepada MES NTB yang telah memilih Desa Taman Ayu sebagai lokasi Roadshow Literasi Digital sekaligus penyerahan bantuan modal usaha bagi anggota Forum Disabilitas Desa Taman Ayu. Acara ini merupakan acara ketiga selama 3 hari terakhir yang diadakan di Desa Taman Ayu. Acara sebelumnya yakni Gebyar Bakti Stunting yang dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB Hj. Rohmi Djalilah dan Acara kedua dihari berikutnya Pengobatan Kesehatan dari Dikes.

"Kami ucapkan selamat datang kepada semua tamu undangan di Desa Taman Ayu, kami bersyukur selama tiga hari ini penuh dengan kegiatan, terima kasih kepada MES NTB atas kepercayaan kepada masyarakat kami", ungkapnya.


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar