SPACE IKLAN

header ads

Pimpinan Sidang Muskab XI PMI Sumbawa Tetapkan Tatib dan Jadwal.

Foto. Istimewa.

Oleh. HR
Jumat, 15 September 2023.
Editor, Lalu Muhasan.

SUMBAWA. WartaBumigora - Pimpinan Sidang Musyawarah Kabupaten ke- XI PMI Kabupaten Sumbawa Andi Rusni telah menetapkan agenda lanjutan Muskab bersama peserta musyawarah.

Berdasarkan pantauan wartawan media, proses musyawarah berlangsung dinamis dan hidup, hingga pada proses mekanisme penjaringan calon ketua PMI. Dalam sidang tersebut telah disepakati tata tertib musyawarah Kabupaten  dan jadwal acara meski berlangsung alot namun berhasil disepakati.

"Proses sidang pembahasan tata tertib dan jadwal persidangan berjalan cukup alot dan  dinamis juga  cukup kritis terkait dengan tata tertib persidangan" Ucap Andi Rusni.

Menurutnya, meskipun demikian pada prinsipnya semua yang dibahas itu mengacu kepada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta Peraturan Organisasi (PO) Palang Merah Indonesia.

"Sebagai pimpinan sidang tadi kita sudah menyepakati hal-hal yang menjadi usulan peserta sidang dan selain itu prosesnya mengacu kepada ketentuan yang berlaku yaitu anggaran dasar rumah tangga maka sesulit apapun perdebatan tetap kembali kepada mekanisme yang berlaku di organisasi. Alhamdulillah yang pertama kita sepakati adalah mengenai tata tertib persidangan kemudian yang kedua adalah jadwal acara, "paparnya.

Tambahnya,  tata tertib persidangan  memuat pokok-pokok persidangan mengenai hak dan kewajiban peserta, kemudian apa status peserta dan yang tidak kalah penting adalah proses evaluasi dan juga pemilihan ketua PMI. 

"Itu semuanya sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di dalam organisasi. dan kemudian mengenai jadwal  berlangsung hari ini sampai dengan tanggal (17/9) minggu akan datang. tetapi, permintaan dari seluruh peserta itu dikondisikan saja sesuai dengan keadaan, kalaupun misalnya bisa selesai lebih cepat dari yang direncanakan itu juga lebih bagus karena memang banyak agenda yang lain yang harus diikuti" Jelas Andis.

Sambungnya, Tetapi kalau ada perdebatan yang sengit atau pembahasan yang cukup kritis yang cukup penting maka bisa saja itu berlangsung sampai tanggal 17 yang akan datang sesuai dengan yang direncanakan. 

"Adapun kegiatan besok hari dilanjutkan dengan mendengarkan laporan pertanggungjawaban pengurus PMI  periode 2018-2023. setelah itu  melalui Komisi B melakukan pembahasan laporan pertanggungjawaban dan garis-garis kebijakan umum PMI, "cetusnya.

Masih menurut Andis, baru kemudian yaitu pemilihan Ketua diawali dengan melakukan penjaringan bakal calon ketua PMI. bakal calon yang memenuhi syarat  20% dukungan maka bisa ditetapkan sebagai calon ketua.  Kalau seandainya hanya ada satu atau kalau seandainya bakal calon itu memiliki dukungan lebih dari 50% maka ditetapkan sebagai ketua terpilih  "pangkasnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar