SPACE IKLAN

header ads

Program Bantuan Lobar Tak Terdampak Status Tersangka Mentan

Foto. Istimewa.

Oleh. Lalu.
Selasa, 10 Oktober 2023.
Editor, Lalu Muhasan.

LOMBOK BARAT, WartaBumigora - Program Bantuan untuk Lombok Barat berupa alat mesin pertanian (Alsintan) dan ternak serta unggas dari Kementerian Pertanian (Kementan) dipastikan tak terganggu akibat ditetapkannya Mentan sebagai tersangka oleh KPK. Pasalnya, program bantuan ini sudah terprogram sebelumnya dan tak terkait dengan sangkaan terhadap Mentan. 

Kepala Distan Lobar H. Lalu Winengan mengatakan, bantuan terhadap Lobar dari Kementan tak terpengaruh status tersangka Mentan. "Tidak terpengaruh, kasusnya kan belum selesai. Jadi bantuannya tetap diberikan,"jelasnya, kemarin. Dijelaskan, bantuan untuk Lobar sesuai skema. Dan kasus yang menimpa Mentan belum tentu dipastikan bersalah atau tidak. Dan tuduhan dan statusnya sebagai tersangka dalam kasus apa belum jelas. 

Dan program bantuan ini diurus lembaga kementerian.

Menurutnya kalau bantuan disetop tentu seluruh komponen program pertanian terhenti, tentu masyarakat akan kelaparan. Sejauh ini lanjut dia, bantuan yang sudah dijanjikan oleh Kementerian Pertanian sudah diterima, beberapa jenis bantuan yang sudah diterima, berupa alat-alat pertanian seperti mesin traktor, bantuan bibit, bantuan sapi, kambing dan bantuan ayam. "Sudah datang, sudah kita terima bantuan dari Kementerian, barangnya sudah ada di kantor, " katanya. 

Ia merincikan, bantuan yang sudah diterima yaitu untuk bantuan sapi sebanyak 40 ekor sapi,  kemudian bantuan kambing 75 ekor. Untuk bantuan ayam, belum dikirim, karena masih menunggu proposal dari masyarakat. Sedangkan bantuan berupa Alsintan sudah dikirim sebanyak  47 hand traktor, sedangkan untuk combine dan bantuan roda empat sedang berproses. Penyaluran akan diberikan kepada Kelompok Tani ( Poktan) yang ada di Lombok Barat, "Besok jum'at saya salurkan di kantor Dinas, "ujarnya. 

Begitu juga untuk bantuan bibit tanaman padi sudah disalurkan. bantuan bibit tanaman padi ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian untuk para petani yang ada di Kabupaten Lombok Barat, bantuan inipun sudah mulai di bagikan kepada para petani yang ada di Kabupaten Lombok Barat. "Iya ini bantuan dari Kementerian Pertanian untuk petani di Lombok Barat, " ujarnya. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar