SPACE IKLAN

header ads

Komite Aksi Kamisan Mataram Gelar Mimbar Bebas Sambut Hari Hak Asasi Manusia.

Foto. Istimewa.

Oleh. Ryan.
Minggu, 10 Des 2023.
Editor, Lalu Muhasan.

MATARAM, Wartabumigora- Aksi mimbar bebas menyambut hari hak asasi manusia 10 Desember 2023 merupakan bentuk peringatan 75 tahun deklarasi universal hak asasi manusia.

Mengutip situs resmi PBB. Hari HAM Sedunia 2023 mengusung tema "Freedom, Equality and Justice for All" atau "Kebebasan, Kesetaraan dan Keadilan bagi Semua". Komite Aksi Kamisan Mataram  secara resmi mengeluarkan Tema: Tuntaskan Kasus Pelanggaran HAM.

Luken selaku korlap aksi mimbar bebas mengatakan Pada tahun 2023, kita memperingati 75 tahun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, yang bertepatan dengan 30 tahun berdirinya Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia. Hal ini berkaitan dengan Hari HAM Sedunia tanggal 10 Desember. inti Deklarasi ini adalah untuk menanamkan kesetaraan, kebebasan mendasar,  dan keadilan pada masyarakat. Perjanjian ini juga mengabadikan hak-hak bagi seluruh umat manusia. Minggu (10/12/2023).

" Hari HAM Sedunia tahun ini berupaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang hak asasi manusia, termasuk kesadaran masyarakat Indonesia dan masyarakat internasional; terutama di kalangan generasi mudah  serta menginspirasi masyarakat untuk menciptakan gerakan kemanusiaan bersama sambil memberdayakan mereka untuk memperjuangkan dan melindungi hak-hak mereka."Lanjutnya.

Komite Aksi Kamisan kota Mataram sebagai elemen Mahasiswa dan Gerakan Demokratik Rakyat sedikitnya mengeluarkan 21 sikap beberapa diantaranya.

"1. Putuskan semua jaringan diplomasi ekonomi dan politik tidak langsung kepada Zionis maupun badan-badan  Zionis. 2.PBB Segera Intervensi untuk investigasi para korban kemanusiaan dan memberikan jaminan Hidup terhadap para pengungsi di tanah air Papua Barat, terutama di Kabupaten Nduga, Intan Jaya, Puncak Jaya, Maybrat, Yahukimo, dan pegunungan Bintang.  ⁠3. Hentikan seluruh  agresi militer serta serangan zionis israel ke Gaza maupun Tepi Barat. 4.Hentikan Blokade penangkapan dan penjarahan terhadap rakyat palestina. 5.Tangkap, adili,  penjarakan seluruh jendral pelanggar HAM Berat dan sita harta kekayaannya. 6.Tarik militer organik maupun non-organik dari seluruh tanah Papua 7. Buka Akses Jurnalis Internasional dan Nasional di Tanah Papua. 

Komite kamisan kota mataram juga memberikan himbaun umum kepada seluruh elemen masyarakat nusa tenggara barat dan dunia internasional maupun nasional terkait dengan hari Hak asasi manusia.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar