SPACE IKLAN

header ads

Perbup Ditandatangani Bupati, Perempuan Lobar Dilibatkan Dalam Pembangunan Infrastruktur Inklusif

Foto Bupati Lobar Hj Sumiatun didampingi Sekda Lobar H Ilham, Ketua Iwapi Lobar menandatangani Perbup Nomor 74 tahun 2023 Tentang Pelibatan Perempuan Dalam Pembangunan Infrastruktur Inklusif.

Oleh. Tm.
Sabtu, 23 Des 2023.
Editor, Lalu Muhasan.

LOMBOK BARAT,Wartabumigora - Perempuan Lombok Barat diberikan ruang terlibat dalam pembangunan infrastruktur Inklusif. Menyusul disahkannya Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 74 tahun 2023 Tentang Pelibatan Perempuan Dalam Pembangunan Infrastruktur Inklusif. Penandatanganan Perbup yang dilakukan pada momen Perayaan Hari Ibu Tahun 2023, tersebut menjadi bentuk komitmen nyata Pemda dalam hal ini Bupati yang menjadi Perampuan pertama menjabat Bupati Lobar. 

Pelibatan Perempuan Dalam Pembangunan Infrastruktur Inklusif telah ditetapkan melalui Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 74 Tahun 2023 yang digagas Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia  (IWAPI) Lombok Barat bersama Pemerintah Daerah telah mengesahkan. "Kebijakan ini menunjukkan komitmen Pemerintah Daerah untuk memberikan ruang partisipasi perempuan semakin besar dalam pembangunan Lombok Barat,"terang Bupati. 

Bupati Hj Sumiatun menyatakan, sangat mengapresiasi pencapaian IWAPI Lombok Barat dalam sinergi yang dibangun bersama pemerintah daerah melalui program Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT) melalui program Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial dalam Infrastruktur (GESIT), yang turut mendukung lahirnya regulasi tersebut. “Saya menyambut baik kebijakan pelibatan perempuan dalam pembangunan Lombok Barat,  hal ini akan memberikan kepastian ruang partisipasi perempuan dalam setiap tahapan pembangunan,” ujar Bupati yang disampaikan saat penandatanganan Perbup.

“Perbup ini membuktikan komitmen Pemimpin Daerah dalam mengupayakan pembangunan yang menghormati, melindungi, dan memenuhi hak-hak perempuan di Lombok Barat” tambahnya. Ia berharap kebijakan pembangunan yang inklusif juga sampai ke semua bidang pembangunan.

Ketua Tim Pelaksana IWAPI, Baiq Dewi Septemi Abdiana Berharap dengan adanya Perbup ini dapat mempromosikan hak-hak perempuan, memperjuangkan inklusi sosial, dan menciptakan kesadaran akan pentingnya infrastruktur yang inklusif untuk memfasilitasi kehidupan yang lebih baik bagi mereka. 

Perempuan mendapatkan dukungan, akses dan kontrol terhadap pembangunan di bidang Infrastruktur sesuai Perpres Nomor 16 Tahun 2018 jo Perpres Nomor 12 Tahun 2021. Pelibatan perempuan dalam perencanaan pembangunan di bidang infrastruktur melalui kegiatan musrenbang khusus kelompok perempuan. Peningkatan kemampuan kepemimpinan perempuan pelaksanaan pembangunan bidang infrastruktur di Lombok Barat.

"Pengesahan dan launching Perbup Nomor 74 Tahun 2023  ini bertepatan dengan Peringatan Hari Ibu 22 Desember 2023, merupakan kado bagi gerakan perempuan di Lombok Barat,"Imbuhnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar