SPACE IKLAN

header ads

𝗕𝗥𝗘𝗔𝗞𝗜𝗡𝗚 𝗡𝗘𝗪𝗦: 𝗣𝗲𝗿𝗺𝗮𝘀𝗮𝗹𝗮𝗵𝗮𝗻 𝗧𝗮𝗻𝗮𝗵! 𝗣𝘂𝗹𝘂𝗵𝗮𝗻 𝗪𝗮𝗿𝗴𝗮 𝗗𝗲𝗺𝗼 𝗞𝗮𝗻𝘁𝗼𝗿 𝗗𝗲𝘀𝗮 𝗟𝗮𝗻𝘁𝗮𝗻 𝗟𝗼𝗺𝗯𝗼𝗸 𝗧𝗲𝗻𝗴𝗮𝗵

Puluhan Warga Demo Kantor Desa Lantan Lombok Tengah.

Kamis, 11 Januari 2024.
Oleh, Lalu
Editor, Baiq Nining.

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔,𝗟𝗢𝗠𝗕𝗢𝗞 𝗧𝗘𝗡𝗚𝗔𝗛- Kantor Desa Lantan, Kecamatan Batukeliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah di padati puluhan masa yang melakukan aksi deminstrasi dan menuntut pihak desa mengakomodir pengajuan warga yang belum kebagian lahan Hak Guna Usaha (HGU). Kamis, (11/1/2024).

Mengingat warga mengetahui pihak desa sudah mengusulkan sekitar 400 kepala keluarga untuk mendapatkan sertifikat lahan HGU seluas 173 hektar di Desa Lantan.

Dijelaskan Suhardi selaku Korlip, selain tuntutan  pembagian dengan merata lahan HGU, pihaknya juga meminta agar pihak desa memberikan data 400 KK yang diusulkan ke pusat tersebut.

“Kami melihat hanya 3 dusun yang diusulkan mendapatkan HGU, sementara 7 dusun lainnya tidak dimasukkan oleh pihak desa,” ungkap Suhardi.

Menanggapi tuntutan masyarakat itu, Kepala Desa Lantan Erwandi mengatakan, ke 400 KK yang diusulkan tersebut merupakan hasil kesepakatan kelompok di bawah, bukan hasil kesepakatan dari pihak desa.

Tak hanya itu, 3 dusun yang mendapat lahan HGU itu adalah warga yang memang sudah lama menggarap lahan tersebut bahkan sudah belasan tahun, sejak ditinggalkan oleh PT. Trisno Kenangan.

“Bukan wewenang desa untuk membagikan lahan HGU, mengingat itu adalah tanah negara yang diputuskan langsung oleh pihak BPN,” jelas Erwandi.


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar