SPACE IKLAN

header ads

HMI, Adalah Organisasi Kemahasiswaan Yang Mendobrak Gerbong Orde Baru

Foto. Istimewa.

Oleh. Rizky.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa organisasi sangat berperan penting dalam membentuk karakter dan ⅚ pengalaman hidup berkelompok, Bahwa organisasi adalah miniatur terkecil sebuah Negara. Sehingga menjadi pencetak para calon pemimpin-pemimpin masa depan bangsa, Pemimpin yang baik tentu lahir dari rahim "Organisasi" yang sehat.

28 Oktober 1928 mahasiswa berperan signifikan dalam proses pembentukan negara kesatuan republik Indonesia dalam rangka sumpah pemuda. Adapun peran mahasiswa di hari kemerdekaan republik Indonesia ternyata, mahasiswa turut serta membantu dalam membentuk kemerdekaan Indonesia.

Mahasiswa memiliki kekuatan yang luar biasa jika disatukan dalam satu kesatuan mahasiswa tidak sekedar belajar dan menuntut ilmu. Mahasiswa di tahun 1998 mampu meruntuhkan orde baru dan mengawal memasuki masa reformasi. Dengan kata lain, mahasiswa sebagai Pioneer dalam perjuangan dan pembangunan bangsa.

Salah satunya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Sebuah organisasi kemahasiswaan yang mendobrak gerbong orde baru dan membebaskan masyarakat dari kekejaman Soeharto. HMI lahir pada tahun 1947 di Yogyakarta, ada beberapa hal lahirnya HMI. 1.Keislam. Islam pada saat itu di ambang-ambang oleh penjajah, budaya Islam di batasi dan melarang melakukan kajian keislaman. 2.Indonesia. 1945 Indonesia merdeka katanya tapi nyatanya 1946, 1947 Indonesia masih di jajah oleh para pemberontak.  

"Jenderal Sudirman" pernah mengatakan HMI, bukan hanya Himpunan Mahasiswa Islam melainkan Harapan Masyarakat Indonesia. 

HMI dari awal tetap mengawal kemajuan bangsa kemudian ikut terlibat dalam perang melawan penjajah. Dan sampai sekarang era reformasi HMI tetap menjadi garda terdepan untuk ummat dan bangsa. HMI dikenal sebagai Pioneer dalam mewujudkan generasi pemimpin bangsa selanjutnya. Independensi HMI tetap terjaga dan tidak tercampur dengan partai politik lainnya.

Mahasiswa sekarang bodoh amat apatis mereka tidak peduli dengan apa yang terjadi di negaranya sendiri. Mereka tidak melihat betapa semangatnya pemuda 98 yang bersatu untuk meruntuhkan gerbong orde baru. Mereka adalah pemuda yang sadar. Sadar bagaimana keadaan ummat manusia peda saat kepemimpinan Soeharto yang sangat bobrok. 

HMI tetap menjadi garda terdepan untuk mengawal bangsa Indonesia, untuk bagaimana mewujudkan tatanan masyarakat yang diridhoi Allah SWT. HMI yang lahir dua tahun sesudah kemerdekaan bangsa Indonesia, ikut perang melawan penjajah, untuk bagaimana membebaskan rakyat Indonesia dari kekejaman penjajah.

HMI selalu hadir untuk kemaslahatan umat, berperan signifikan melawan pemberontak saat itu. 

Rentetan-rentetan sejarah historis perjuangan HMI untuk kemajuan negara tidak bisa hilang begitu saja, karna memang HMI membersamai tokoh-tokoh pahlawan Indonesia dalam mengembangkan keislaman dan keindonesiaan...

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar