SPACE IKLAN

header ads

Pemuda Sanolo Minta Pemdes Atasi Sampah Yang Beredar Di Lingkungan Desa Sanolo

Foto. Istimewa.

Selasa, 17 Januari 2024.
Oleh, Rizky.
Editor, Lalu Muhasan.

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔.𝗕𝗜𝗠𝗔-Pemuda dan Mahasiswa Sangat menyayangkan sikap apatis pemerintah desa sanolo terhadap persoalan sampah yang beredar sembarangan di lingkungan Desa Sanolo Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.

"Telah kita lalui tahun 2023 dan kita akan menikmati tahun 2024 yang sedang berjalan sekarang ini, Kita melihat kondisi desa sanolo kecamatan bolo kabupaten bima sangat tidak memiliki pemimpin (Kepala Desa) dalam hal ini banyak dari beberapa masyarakat yang sangat mengeluh tentang beredarnya sampah dibeberapa lingkungan rumahnya baik didusun sanolo, dusun sonco dan muku." Ujar Kades Sanolo orasi, Selasa (16/1/2024).

Melalui momentum aksi ALIANSI MAHASISWA & PEMUDA SILA yang diadakan pada tanggal 2 januari 2024 berlokasi di kantor camat bolo dan dinas lingkungan hidup dan keberhasilan (DLHK) Kecamatan Bolo kemudia masa aksi tidak terlepas dari mempresur untuk persoalan sampah yang masih beredar di wilayah Kecamatan Bolo.

Salah satu masa aksi yang menjadi keterwakilan dari desa sanolo "Saudara Anjas" melakukan audensi terbuka dengan kepala camat bolo sekaligus bersama kepala DLHK kecamatan bolo, Dalam audensi tersebut perwakilan pemuda/mahasiswa dari desa sanolo belum pernah melihat mobil pengangkut sampah beroperasi di Desa Sanolo sedangkan bila dibandingkan dengan Desa yang lain mobil pengangkut sampah DLHK tersebut sering beroperasi diberbagai Desa.

Kemudian dalam audensi tersebut, Terkait tentang mobil sampah yang tidak beroperasi di desa sanolo direspon baik oleh kepala DLHK Kecamatan Bolo, Beliau membeberkan dalam hal tersebut sebenarnya dalam semua desa yang ada di wilayah kecamatan bolo tentunya akan keliling mobil pengangkut sampah tersebut tetapi terlebih khusus didesa sanolo (Pemerintah desa sanolo) tidak memiliki respon baik untuk bagaimana berkoordinasi dengan lembaga DLHK di Kecamatan Bolo dan bahkan diDesa Sanolo sudah dijadwalkan yaitu pada hari rabu dan hari sabtu mobil tersebut akan berangkat mengangkut sampah didesa sanolo sedainya pihak Pemerintah Desa masif berkomunikasi dengan kita di lembaga DLHK Kecamatan Bolo.

Terakhir yang disampaikan oleh kepala DLHK Kecamatan Bolo yaitu beliau berpesan kepada masa aksi keterwakilan Desa Sanolo.

 " Silakan berkomunikasi untuk memberikan informasi kepada pemerintah desa sanolo terkait dari penyampai ini sehingga akan kami tunggu di kantor DLHK Kecamatan Bolo bila ada keterwakilan Pemerintah desa sanolo," katanya.

Selang beberapa hari selesai menjelang Aksi demostrasi di kantor camat bolo dan DLHK Kecamatan Bolo salah satu masa aksi dari keterwakilan Desa Sanolo ia langsung menemui Kepala Desa Sanolo dalam hal pertemuan tersebut tidak terlepas dari perbincangan.

" Terkait beberapa sampah yang beredar dibeberapa dusun yang ada didesa sanolo kemudian kepala desa mengapresiasi niat baik dari pemuda/mahasiswa terlebih khusus pemuda/mahasiswa yang berada di desa sanolo."katanya.

Lebih lanjut Kepala Desa Sanolo menjelaskan bahwa memang benar mobil pengangkut sampah DLHK Kecamatan Bolo tidak pernah beroperasi didesa sanolo semenjak beberapa bulan kemarin dan Kepala Desa Sanolo menekankan akan kesadaran masyarakat tentang kebersihan harus di mulai dari pribadi masing-masing agar out-putnya terjaga lingkungan hidup yang bersih.

Terakhir yang disampaikan oleh kepala desa sanolo bahwa kami dari pemerintah desa akan usahakan agar mobil pengangkut sampah beroperasi didesa sanolo lagi. Dan juga akan kami usahakan tempat penampungan sampah sementara di masing-masing Dusun yaitu Dusun Sanolo, Dusun Sonco dan Muku. 

" Kemudian terlepas dari hal tersebut pihak pemerintah desa akan sosialisasikan dibeberapa hajatan/kegiatan yang dibangun oleh masyarakat untuk bagaimana masyarakat desa sanolo tidak lagi membuang sampah sembarangan karena akan di usahakan adanya mobil pengangkut sampah dari dinas DLHK kecamatan bolo dan kami juga akan mengutus keterwakilan pemerintah desa sanolo untuk menghadap di kantor DLHK kecamatan bolo dalam hal menayakan anggaran perbulan untuk pengoperasian mobil tersebut agar pengangkutan sampah di desa sanolo berjalan dengan lancar." ujar Anjas.

Dalam pandangan kita sebagai pemuda dan mahasiswa tentunya pemimpin harus bijak membaca problem yang terjadi pada hari ini lebih khusus'nya didesa sanolo. 

" Melihat dari bulan sekarang yaitu hujan terus turun maka saya atas mendesak pemerintah desa sanolo untuk segera berkoordinasi secepatnya di pihak DLHK kecamatan bolo supaya mobil sampah segera beroperasi mengangkut sampah didesa sanolo dan jangan biarkan mosi ketidak percaya pemuda dan mahasiswa terhadap kepala desa sanolo." orasinya.

" Dan tentunya kita sebagai pemuda yang terlahir didesa sanolo akan terus mengawal beberapa kezoliman yang terjadi didesa sanolo," tutupnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar