SPACE IKLAN

header ads

Cuaca Buruk, Pelabuhan Lembar Ditutup

Foto. Istimewa.

Kamis, 14 Maret 2024.
Oleh, ll
Editor, Lalu Muhasan.

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔,𝗟𝗢𝗠𝗕𝗢𝗞 𝗕𝗔𝗥𝗔𝗧-Otoritas Pelabuhan Lembar Lombok Barat dan Padangbai Bali menutup sementara aktivitas penyeberangan, disebabkan cuaca buruk. Angin kencang yang melanda NTB dan Bali hari ini mengganggu kelancaran lalu lintas laut.

Penutupan penyeberangan Padangbai dikeluarkan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai, Bali, Rabu 13 Maret 2024.

Isi surat, pemberitahuan kepada pengguna jasa angkutan laut di Pelabuhan Padangbai.  Bahwa dengan pertimbangan keselamatan dan keamanan pelayaran akibat cuaca buruk, pelabuhan ditutup sementara sejak hari ini, Rabu 13 Maret 2024 Pukul 13.30 Wita.

“Semua kegiatan pelayaran ditunda keberangkatannya sampai dengan cuaca normal kembali,” tulis Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai, Bali dalam suratnya.

Keputusan yang sama diberlakukan untuk Pelabuhan Lembar Lombok Barat yang terhubung dengan Padangbai.

Berdasarkan surat pemberitahuan yang dirilis Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, menyebutkan bahwa penyeberangan di pelabuhan Lembar-Padangbai ditutup sementara hingga cuaca membaik.

Keputusan ini dibenarkan Pengawas Satuan Pelayanan (Wasatpel) Pelabuhan Penyeberangan Lembar Koda, Pahlianus Nelson Dallo dalam keterangan tertulisnya Rabu 13 Maret 2024 malam.

Disebutkan, penyeberangan kapal Ferry dari Pelabuhan Lembar menuju Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, ditutup sementara sejak sore.

Hal ini menyusul cuaca buruk yang melanda kawasan tersebut. Penutupan sementara diberlakukan mulai pukul 17.00 Wita. Sebelumnya pihaknya, mengeluarkan himbauan kewaspadaan terhadap cuaca buruk di lintas penyeberangan Lembar – Padangbai dan Lembar – Jangkar.

Ia menambahkan, imbauan ini berdasarkan Undang-undang Pelayaran Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 67 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja
Kementerian Perhubungan. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 6 Tahun 2023 tentang Organisasi dan Tata Kerja
Balai Pengelola Transportasi Darat. Termasuk kabar Cuaca BMKG di Wilayah Perairan NTB. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar