SPACE IKLAN

header ads

Doktor Najam Minta Listerasi Hoaks Bersama Tokoh Di KSB

Foto. Istimewa.

Sabtu, 11 Mei 2024.
Oleh, ll
Editor, Baiq Nining.

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔.𝗜𝗗, 𝗦𝗨𝗠𝗕𝗔𝗪𝗔 𝗕𝗔𝗥𝗔𝗧 - KSB Cerdas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada NTB) 2024 dan Anti Hoaks menjadi tema utama yang dibicarakan para tokoh Parpol KSB dalam Forum Barape Batompok (Temu Tokoh). Forum tersebut, diinisiasi Komunitas Kajian Kebijakan Publik (K3P) yang dilokomotifi Hendry Kusnadi, SAP., MAP.

Menurut keterangannya, Hendry begitu kerap dirinya disapa, mewanti-wanti peredaran berita bohong dan kampanye hitam menjelang pemilu.

“Dari penelitian sebelumnya, memprediksi penyebaran hoaks terjadi sekitar sebulan sebelum Pilkada NTB. Bahkan pada hari H masih terus terjadi,” ingatnya dalam penyampaian kata pengantar pada forum tersebut.

Dalam pada itu, Kepala Dinas Kominfotik NTB Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., MM., yang diundang khusus dalam acara itu sekaligus sebagai Pakar Komunikasi. Dirinya turut memberikan pencerahan tentang hoaks yang menurutnya, perlu ditanggulangi bersama dengan cara bijak bermedia sosial. Perlu penerapan etika bermedsos.

“Etika komunikasi dalam dunia maya, tidak jauh berbeda dengan dunia nyata. Sama-sama harus memerhatikan sopan santun,” jelasnya.

Penyebaran informasi hoaks memiliki konsekuensi hukum yang terdapat pada regulasi Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Seseorang yang mengunggah konten, perlu berhati-hati agar tidak terkena pelanggaran dan aduan dari netizen lainnya. Kendati demikian, dari dunia maya pun netizen bisa mendapatkan manfaat mengonsumsi informadi yang sehat dan akurat.

Kepala Bidang Ormas Kesbangpoldagri KSB Titin Yuliana, M.Comdev., yang memberikan sambutan mengatakan masyarakat harus cerdas memilih dengan tidak begitu saja percaya pada informasi yang berdatangan.

“Masyarakat harus cerdas dalam memilih. Menentukan pilihan politik, jangan cenderung (langsung) percaya kepada berita bohong yang disebarkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ungkapnya.

Pada acara tersebut hadir pula dari perwakilan parpol antara lain PDIP, PBB, PPP, PKS, Gelora, dan Partai Ummat. Para calon legislatif (Caleg) seperti tokoh Mustakim Patawari, Manurung Young, Agus Hadnan, Budiman Yunus dan Adeni Muhadi, Alvin dan tokoh Parpol KSB lainnya.

Acara forum Barape Batompok tersebut, diramaikan dengan hadirnya unsur kelurahan/desa, tokoh agama, tokoh pemuda dan mahasiswa. Acara dimoderasi Aliatullah, SH., MH., yang menampung dialog antara narasumber dan para peserta forum yang hadir.

Dari dialog tersebut, ditekankan agar dalam kontestan Pilkada 2024 bisa sesering mungkin berliterasi digital, pencerahan kepada masyarakat konstituennya, melalui metode masif dan komunikatif dalam era digital. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar