SPACE IKLAN

header ads

Hoaks, IKN di Landa Banjir, Sungai Mahakam Meluap

Foto. Istimewa.

Rabu, 22 Mei 2024.
Oleh. ll
Editor, Baiq Nining.

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔.𝗜𝗗, 𝗠𝗔𝗧𝗔𝗥𝗔𝗠 - Beredar sebuah unggahan video di media sosial Tiktok yang mengklaim banjir luapan sungai mahakam berdampak ke ibukota Nusantara (IKN). Adapun unggahan video tersebut menyebutkan tidak ingin ibu kota negara pindah ke Kalimantan Timur dengan narasi.

" Kami tidak mau pindah ke Kaltim mending di Jakarta aja, walau banjir 1 meter tapi rumah kami tidak hanyut," unggah akun tiktok@alfa.

Selain itu akun tiktok@pakdheruet, juga mengatakan dalam kolom komentrnya bahwa, "yakin bisalah....biar kita yang dikalimantan juga merasakan pemerataan pembangunan.

Adajuga akun tiktok@SARAYA ZAMARDIAN, dalam komentarnya," kayaknya bukan di IKN, karena IKN didirikan dilahan berpenduduk/dilahan hutan tanaman industri, coba videokan diantara bangunan IKN yang tergenang.

Yang paling menohok dalam komentar tersebut adalah datangnya dari akun tiktok @mament38951" Airnya pingin pindah juga.

Paktanya

Klaim banjir luapan sungai mahakam tersebut yang berdampak ke Ibu Kota Negara (IKN) adalah tidak benar atau Hoaks dilansir dari Kalteng AntaraNews.com, Penjabat (PJ) Gubernur Kalimantan Timur.

Akmal Malik menegaskan bahwa kabar yang beredar di tiktok itu tidak benar (Hoaks).

Akmal malik menyampaikan jarak antara sungai Mahakam dengan titik terdekat Ibu Kota Negara (IKN) kurang lebih 50 KM, Sehingga luapannya tidak menyentuh kawasan Ibu Kota Nusantara (KIKN).

Adapun luapan banjir sungai Mahakam merupakan siklus tahunan yang berdampak ke Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kerta Negara, dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Pemerintah setempat telah melakukan antisipasi dini agar banjir dapat terkendali. Selain itu pemerintah telah dibuat sistem penanganan bencana terpadu untuk mencegah sebelum terjadinya bencana.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar