SPACE IKLAN

header ads

Sambut Pilkada Sumbawa, KPU Luncurkan Tahapan “Maras”

Foto. Istimewa.

Kamis, 30 Mei 2024.
Oleh, Hermansyah.
Editor, Baiq Nining.

𝓦π“ͺ𝓻𝓽π“ͺπ—•π—¨π— π—œπ—šπ—’π—₯𝗔.π—œπ——, 𝗦𝗨𝗠𝗕𝗔π—ͺ𝗔 - KPU Kabupaten Sumbawa, siap melaksanakan tahapan Pilkada Sumbawa. Ditandai dengan diluncurkannya tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa tahun 2024, Kamis (30/5/2024) malam. Dalam tahapan Pilkada kali ini, KPU Sumbawa mengusung tagline mandiri, akuntabel, rasional, aman dan sukses (MARAS).

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, Syamsihidayat mengatakan, peluncuran ini menandakan kesiapan KPU Sumbawa untuk melaksanakan Pilkada serentak di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan ini merupakan bagian tahapan persiapan yang sudah dilaksanakan. Sebab, beberapa hari yang lalu pihaknya sudah melakukan perekrutan badan Adhoc. Yakni PPK dan PPS yang sudah mulai bekerja.

Kemudian akan dilakukan pemutakhiran data pemilih oleh panitia pendaftaran pemilih (Pantarlih). Karena itu, diharapkan partisipasi semua pihak dalam menyukseskan Pilkada. Sebab, pergantian pemimpin secara demokrasi harus dilakukan lima tahun sekali.

“Diharapkan agar masyarakat Kabupaten Sumbawa dapat menyalurkan hak pilih untuk memilih pemimpin Kabupaten Sumbawa,” ujar Syamsi.

Melalui kesempatan ini, kata Syamsi, disampaikan bahwa tema Pilkada yang diangkat tahun ini adalah KPU MARAS. Maras sendiri dalam bahasa Sumbawa artinya bahagia. Jadi, semua tahapan Pilkada ini dilakukan dengan kebahagiaan.

“Semuanya harus kita bawa Maras,” imbuh Syamsi.

Selanjutnya dalam kesempatan yang sama, Bupati diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Sumbawa, Ir Dirmawan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini adalah momentum penting yang menandai dimulainya proses demokrasi yang akan dijalani bersama, dalam memilih pemimpin kedepan. Kegiatan ini merupakan wujud nyata partisipasi masyarakat dalam membangun daerah.

Menurutnya, pemilihan umum adalah pilar penting dalam membangun demokrasi. Pemilihan bupati dan wakil bupati sangat penting demi arah pembangunan kedepannya.

Lebih lanjut dikatakannya, pemilihan yang jujur, adil dan transparan adalah harapan bersama. karena itu, pihaknya mengajak semua elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam setiap tahapan pemilihan. Sebab, partisipasi aktif dari masyarakat adalah kunci sukses pemilihan ini.

“Hindari semua bentuk kecurangan yang dapat menciderai proses demokrasi. Sebab, tahapan ini merupakan ajang untuk membawa pembangunan Kabupaten Sumbawa yang lebih baik,” tuturnya.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada KPU atas dedikasinya dalam pelaksanaan kegiatan ini, demi terselenggaranya Pilkada yang berkualitas.

Sementara itu, Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU NTB, Agus Hilman mengatakan, tahapan Pilkada sudah dimulai sejak 26 Januari 2024. Pilkada serentak ini adalah yang pertama dalam sejarah demokrasi Indonesia. Di Kabupaten Sumbawa sendiri dilaksanakan serentak antara Pilkada Sumbawa dan Pilkada NTB.

“Peluncuran ini salah satu strategi sosialisasi bagi kami, untuk menyampaikan bahwa tahapan Pilkada ini sudah dimulai,” jelasnya.

Menurut Agus Hilman, tahapan Pilkada menjadi sangat penting. Karena saat ini pelaksanaan Pemilu sendiri masih belum selesai. Dimana diketahui saat ini masih ada sengketa Pemilu yang dihadapi. Meski demikian, secara keseluruhan Pemilu 2024 di NTB berjalan dengan lancar. Ini semua atas dukungan dari semua pihak. Karena tidak akan mungkin Pemilu ini sukses tanpa kolaborasi semua pihak.

Diharapkan kolaborasi ini juga bisa terlaksana dalam Pilkada ini. Sebab, penyelenggara juga sangat memerlukan kolaborasi semua pihak.

Pilkada serentak ini juga salah satu bentuk efisiensi. Tentunya pelaksanaan Pilkada serentak ini diharapkan bisa berjalan lancar, tertib dan damai.

“Pilkada ini tidak akan bisa sukses tanpa kerja kolaborasi semua pihak,” pungkasnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar