SPACE IKLAN

header ads

KPU Pantau Pencoklitan Perdana oleh Pantarlih di Kediaman Wabup dan Sekda Sumbawa

Foto. Istimewa.

Selasa,25 Juni 2024.
Oleh, Hermansyah.
Editor, Baiq Nining.

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔.𝗜𝗗,𝗦𝗨𝗠𝗕𝗔𝗪𝗔 -Dalam rangka mensukseskan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur NTB, Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa secara serentak 27 November 2024 mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) didampingi para komisioner lainnya memantau secara langsung tahapan pencoklitan yang dilakukan oleh petugas Pantarlih.

Pencoklitan perdana ini dilakukan di rumah dinas Wakil Bupati, Hj Dewi Noviany, M.Pd,. dan Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa, Dr Budi Prasetyo, M.AP.

Ketua KPU Sumbawa, Syamsi Hidayat, S.IP,. menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sedang menjalankan tahapan pencoklitan daftar pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang didampingi oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Saat kita memasuki tahapan pencoklitan daftar pemilih yang dilakukan oleh Pantarlih mulai dari hari ini 24 Juni hingga 24 Juli 2024 mendatang," ujar Syamsi.

Tahapan Pilkada saat ini hingga bulan depan memasuki tahapan pencoklitan atau e-Coklit oleh Pantarlih, untuk memastikan daftar pemilih yang akan digunakan pada saat proses pemilihan di bulan November nanti.

"Sasaran pencoklitan pada hari pertama ini adalah para tokoh dan pejabat publik seperti yang kita pantau langsung petugas Pantarlih mencoklit Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah Sumbawa. Kesempatan berikutnya Bupati dan ketua DPRD Sumbawa," terang Syamsi.

Lanjut Syamsi, dalam proses pemantauan yang dilakukan oleh komisioner KPU di rumah dinas Wakil Bupati dan Sekda Sumbawa ini, prosesnya berjalan lancar. Petugas terlihat cukup menguasai pekerjaan dan kesopanan saat bertemu calon pemilih juga baik.

"Kami turun langsung memantau para petugas Pantarlih untuk memastikan mereka memahami tugasnya serta bagaimana kesopanan sebab mereka akan bekerja penuh selama 1 bulan dengan bertemu secara dor to dor dari rumah ke rumah warga," jelas Syamsi.

Ketua KPU berharap dengan adanya kegiatan pencoklitan yang dilakukan oleh Pantarlih diminta kepada warga masyarakat kabupaten sumbawa untuk dapat meluangkan waktu dan menerima petugas mengambil data untuk divalidkan.

"Kami selaku penyelenggara Pilkada serentak di kabupaten sumbawa memohon dukungan masyarakat untuk membantu mensukseskan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati/Wakil Bupati pada 27 November 2024 mendatang dengan memberikan data yang benar kepada petugas Pantarlih," harap Syamsi.

Untuk persiapan dikunjungi petugas pencoklitan kata Syamsi, warga dapat menyiapkan KTP atau KK serta dokumen lainnya. Pendataan ini merupakan tahap awal dalam mensukseskan Pilkada. Pencoklitan ini akan menjadi data DPT yang menjadi dasar masyarakat dalam menyalurkan hak pilih di TPS masing-masing.

Sementara Sekretariat Daerah (Sekda) Sumbawa, Dr Budi Prasetyo, M.Ap,. mendukung dan menyambut baik kegiatan pencoklitan yang dilakukan oleh KPU melalui petugas Pantarlih.

"Kami mendukung penuh tahapan Pilkada yang dilaksanakan oleh KPU sumbawa dan ini merupakan proses yang harus dilalui dalam sebuah pemilihan. Apalagi tahun ini kita di kabupaten sumbawa juga akan melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati," jelas Sekda

Dikatakan Sekda, kegiatan pencoklitan oleh Pantarlih ini merupakan hal baik untuk memastikan data yang benar sesuai dengan data dan aplikasi yang dimiliki oleh KPU sehingga mekanisme verifikasi serta validasi secara manual tepat dan sesuai.

Selain kata Sekda, pencoklitan ini juga memberikan harapan baru kepada masyarakat untuk mempersiapkan diri sebagai pemilih di pemilihan 27 November 2024 mendatang khususnya Pilkada agar terdata dengan tepat sehingga dapat menggunakan hak pilihnya di TPS masing-masing.

"Kita harus nyakin dengan pencoklitan yang dilakukan oleh KPU melalui petugas Pantarlih ini adalah untuk menjamin hak-hak warga di Pilkada esok," jelasnya.

Sekda berharap, pada masa pencoklitan ini dapat meluangkan waktu sejenak untuk dapat menerima petugas Pantarlih dengan baik dan dapat memberikan informasi yang benar dan akurat yang disertai dengan dokumen kependudukan yang dimiliki.

"Saya berharap kepada semua masyarakat untuk dapat menerima petugas Pantarlih dengan baik dan dapat membuka pintunya sejenak untuk diambil datanya. Hanya dibutuhkan waktu 10 hingga 15 menit saja. Diharapkan dukungan seluruh warga dalam mensukseskan Pilkada serentak ini," pungkas Sekda. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar