SPACE IKLAN

header ads

Akibat Cuaca Buruk dan Gelombang Tinggi di Perairan Bima, Sejumlah Nelayan Tidak Melaut

Gelombang Laut Tinggi di Bagian Perairan Bima Selatan, Nelayan Tidak Melaut.

WARTABUMIGORA. Bima - Gelombang tinggi disertai angin kencang hampir terjadi di seluruh wilayah perairan laut nusantara, terlebih di sekitar wilayah perairan laut Bima, yang terjadi dalam beberapa waktu hari terakhir ini.

Tinggi gelombang yang mencapai dua meter dibagian selatan perairan laut Bima, dengan disertai  angin yang kencang, membuat para nelayan khususnya di wilayah Desa Kore, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, tidak berani melaut.

Ihksan, salah seorang nelayan di desa setempat mengatakan, gelombang tinggi disertai angin kencang tersebut, terjadi sejak 2 hari terakhir ini, sehingga sebagian perahu serta kapal milik para nelayan, telah dipindahkan ke lokasi yang lebih aman.

“Karena tak hanya gelombang yang tinggi, derasnya arus angin dilautan, membuat para nelayan memilih untuk tidak melaut,” ujarnya, Kamis (10/12/2020).

Kassubid Penanganan Darurat Bencana BPBD Kabupaten Bima, Bambang Hermawan mengatakan, cuaca buruk yang terjadi tidak hanya berdampak di wilayah daratan, namun juga perlu untuk diwaspadai oleh para nelayan yang beraktifitas di laut.

“Cuaca tidak bersahabat ini mengakibatkan banjir rob saat hujan deras mengguyur, yang dapat membuat perahu milik nelayan akan terbawa arus,” imbuhnya.

Mengingat kondisi cuaca buruk yang masih terjadi, para nelayan hanya bisa memantau kondisi perahu mereka dari pesisir pantai, sembari menunggu kondisi cuaca akan kembali normal, sehingga mereka dapat kembali beraktifitas dan melaut seperti biasanya. (Ipul).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar