SPACE IKLAN

header ads

Sejumlah Rumah Warga di Bima, Terendam Banjir

Lauapan Air Hujan Mengakibatkan Rumah Warga di Bima Terendam.

WARTABUMIGORA. Bima  - Curah hujan tinggi yang disertai angin kencang kembali melanda wilayah Kabupaten Bima, yang berdampak pada meluapnya air sungai, dan mengakibatkan beberapa lingkungan di wilayah kota, dan sejumlah desa yang berada di dua kecamatan di wilayah Kabupaten Bima terendam banjir. 

Kepala Bidang Penanganan Darurat Bencana BPBD Kabupaten Bima, Bambang Hermawan menyatakan, sejumlah desa yang tergenang banjir akibat luapan air sungai tersebut, diantaranya desa Ncandi dan Monggo Kecamatan Madapangga, dan juga di desa Leu kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, dengan ketinggian air bervariasi, yang mencapai sekitar 50 hingga 75 cm, " katanya,  senin (14/12).

Tak Hanya menggenangi pemukiman warga, cuaca buruk yang terjadi juga mengakibatkan terjadinya tanah longsor, yang merusak satu unit rumah panggung milik warga, akibat tertimpa material longsor. 

"Sementara untuk di wilayah desa Maria kecamatan Wawo, satu unit rumah panggung milik warga mengalami kerusakan, akibat tertimpa reruntuhan material tanah pegunungan yang longsor, disebabkan curah hujan yang tinggi," katanya, 

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan Logistik dan Bencana BPBD Kota Bima, Faruk Irfan mengungkapkan, akibat dari tingginya curah hujan yang terjadi di wilayah Kecamatan wawo, Kabupaten Bima, warga yang berada di dua kelurahan di Kota Bima juga tergenang banjir, seperti di lingkungan Sigi dan  Paruga, akibat luapan air di sungai padolo.

"Luapan air  sungai yang berada di kelurahan Kendo, mengakibatkan banjir menggenangi pemukiman warga di sekitarnya, namun banjir tidak sampai menggenangi rumah-rumah warga yang berada di wilayah kota Bima," Imbuhnya.

Untuk mengetahui dampak kerusakan lain akibat bencana banjir serta tanah longsor yang terjadi di wilayah kota maupun Kabupaten Bima, pihak Pemerintah melalui BPBD, akan melakukan peninjauan dan pendataan, serta menyalurkan bantuan secara langsung bagi warga korban banjir, maupun bencana tanah lonsor yang terdampak.

"Dari hasil pendataan sementara, tidak ada laporan korban jiwa akibat bencana yang terjadi," tandasnya. (Ipul).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar