SPACE IKLAN

header ads

Tanpa Pengaman, Buruh Jatuh dari Tower Ketinggian 20 meter di Sumbawa Barat

Berita Nasional
HEADLINE NEWS
Oleh. Amir
Editor. L. Muhasan
Kamis 27 Januari 2022.

Sumbawa Barat - Telah terjadi insiden pekerja buruh harian lepas PT XL Axita terjatuh dari tower PT XL Axita dengan ketinggian 20 meter pada saat melakukan Pemasangan Monting tempat perangkat Sinyal Xl,bertempat di tower XL Axiata dekat Kantor Camat Maluk Desa Benete Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat, pada rabu (26/01/22) pukul 12.15 wita.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin S.IK,.M.IP melalui Kasi Humas Polres Sumbawa Barat IPDA Eddy Soebandi Adirejo, S.Sos kepada media mengatakan,insiden ini dikarenakan ada kelalaian pekerja tanpa mengikuti Standar Presedur Operasional (SOP) yaitu tidak mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti Harnes.

" Korban diketahui bernama Soni Hidayat Alamat Sumbawa Besar.Sementara rekan pekerja lainya bernama Hardiansyah dan Hafitriansyah mereka berasal dari Sumbawa Besar,"kata Eddy Soebandi. 

Eddy menjelaskan,terkait kronologis kejadian pada selasa pukul 21.00 wita Hafitriansyah di hubungi melalui via telepon oleh staf PT XL Axiata untuk diberikan proyek pemasangan monting di tower PT XL Axiata yang lokasinya didekat kantor Camat maluk Desa benete Kecamatan maluk.

"Pada besok harinya pukul 11.15 wita Hafitriansyah dan Korban yang di antar oleh Hardiansyah menggunakan Mobil Pick Up, sesampai di tower XL Axiata langsung melakukan pengerjaan pemasangan perangkat monting oleh Hafitriansyah dan korban naik ke atas tower tanpa menggunakan APD untuk pemasangan perangkat monting tersebut, " jelasnya. 

Lanjut eddy, sedangkan temannya bernama Hardiansyah menunggu di bawah, setelah itu Hafitriansyah turun lebih dulu untuk istirahat sedangkan Korban masih bekerja di atas tower dengan ketinggian 20 meter untuk memasang perangkat XL tiba-tiba Korban terjatuh dari atas tower sehingga teman kerjanya yang lagi istirahat lari melihat dan langsung membawa korban namun kondisi masih dalam keadaan sadar menuju UPTD Puskesmas Maluk.

"Selanjutnya korban dilakukan perawatan awal,untuk kondisi sementaraaaih tetap sadar, dan kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Assy Syfa Sumbawa Barat dilakukan tindakan medis, " tuturnya. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar