SPACE IKLAN

header ads

Aktifitas Ngabuburit di Bulan Ramadhan

Ilustrasi
Oleh. M. Iskandar. 

Ngabuburit merupakan sebutan yang hangat di masyarakat saat menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Ngabuburit bermula dari sebuah kata burit dari bahasa sunda, yang berarti sore atau mendekati saat tenggelamnya matahari. Dalam kamus ekabahasa sunda, ngabuburit bermakna menunggu saat berbuka puasa sambil bekerja, bermain, berolahraga semata-mata agar melupakan rasa lapar dan dahaga sampai tiba waktu Maghrib.

Dahulu, ngabuburit semacam kegiatan anak-anak yang pergi mengaji ke Mesjid di sore hari pada bulan suci Ramadhan sebagai aktivitas positif untuk menunggu berbuka. Namun sekarang, ngabuburit diisi dengan melancong ke tempat ramai di sekitar lingkungan tempat tinggal atau sekedar berbelanja aneka takjil untuk berbuka puasa. Nah bagaimana jika aktivitas ngabuburit tetap asyik dan bermanfaat? Lihat informasi berikut ini :

Melakukan kegiatan sosial

Ngabuburit-2

Jika akan ngabuburit dengan teman atau komunitas, cobalah kegiatan yang besar manfaatnya bagi yang membutuhkan seperti mengadakan buka bersama di panti asuhan atau membagikan takjil ke sesama yang kurang beruntung. Selain menambah pahala puasa inilah tujuan dari indahnya berbagi kebaikan dan niscaya keberkahan pun akan didapatkan.

Mengkaji ayat suci

Ngabuburit-3

Biasanya ibadah akan terasa asyik jika dilakukan dengan hal yang tidak biasa. Cobalah mengikuti serangkaian kajian agama di masjid-masjid besar yang sering membahas berbagai tema yang dipimpin oleh ustadz. Petik hikmahnya dan secara tidak langsung menambah pahala puasa.   

Usaha kecil-kecilan

Ngabuburit-4

Kegiatan ini bisa menambah uang jajan untuk libur lebaran, menjadi pedagang takjil misalnya selain dapat mengenal orang banyak tidak terasa seiring dagangan habis tibalah waktu untuk berbuka puasa. Selain usaha dagang dalam Islam juga diketahui merupakan 9 dari 10 pintu rezeki, maka selain menambah pundi-pundi rezeki dan pahala, usaha pun sama seperti beribadah seperti halnya bekerja untuk menafkahi keluarga.

Nah, bagaimana aktifitas ngabuburit Anda di bulan puasa ini? Di penghujung bulan ramadhan menuju hari kemenangan yang fitri, aktifitas ngabuburit bisa dilakukan juga dalam perjalanan mudik menunju kampung halaman.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar