SPACE IKLAN

header ads

Sambut Nyepi PC KMHDI Mataram Apresiasi Mataram Kota Toleransi, Ajak Masyarakat GERILYA

Foto. I Gusti Ayu Ira Apryanthi, selaku ketua PC KMHDI Mataram.

Oleh. DVD
Selasa 21 Maret 2023.

MATARAM, WartaBumigora -Kota Mataram merupakan kota dengan Hegemoni masyarakat yang multi etnis, serta dengan entitas budaya masing-masing. 

Berdasarkan surat edaran Walikota Mataram, (H. Mohan Roliskana) terkait dengan rangkaian dalam perayaan Nyepi merupakan bentuk manifestasi dari Visi Kota Mataram dan menunjukkan Mataram adalah Kota Toleransi.

Menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945, satu hari sebelum masyarakat melaksanakan Catur Brata Penyepian akan diadakan Festival Parade Ogoh-ogoh yang jatuh pada Selasa, 21 Maret 2023.

Pelaksanaan Ogoh-ogoh ini sangat di nanti oleh umat Hindu setelah beberapa tahun tidak dilaksanakan akibat pandemi Covid-19,  tentu nya mengundang euphoria masyarakat.

Sudah ada sekitar 180 ogoh-ogoh yang akan meramaikan festival parade ogoh –ogoh 2023 yang tentunya akan mengundang khalayak masyarakat berbondong – bondong menyaksikan perhelatan tersebut.

Mengutip informasi dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram bahwa sampah sisa pawai ogoh-ogoh ini bisa sampai sekitar 2 (dua) ton banyaknya.

Oleh karena itu, I Gusti Ayu Ira Apryanthi, selaku ketua PC KMHDI Mataram mengajak Masyarakat ber-GERILYA. 

"GERILYA singkatan dari Gerakan Ikut Langsung Ngayah merupakan Gerakan refleks dari PC KMHDI Mataram. Sebagai bentuk kontribusi pada Parade Ogoh-ogoh 2023 yang dilaksanakan sekitaran jalan Pejanggik Mataram," katanya.

Ira, sapaan akrabnya Aktivis perempuan dari kota Mataram ini juga mengatakan, konsep gerakan ini dimulai dari gerakan di media social. kemudian akan meletakkan 20 tempat sampah darurat di area sekitaran titik kumpul ogoh-ogoh, panggung utama dan jalan menuju lokasi finish.

Setiap titik tempat sampah terdapat volunteer yang tertugas mengontrol dan mengganti trash bag jika penuh. 

"Harapan kami dengan tersedianya 20 tempat sampah ini masyarakat dapat membuang sampah bekas makanan dan minuman di tempat sampah yang telah kami sediakan. Kemudian penutup gerakan ini volunteer ( pasukan slayer neon ) akan ber-gerilya memunggut sampah yg berserakan sekitar area masing-masing," ungkapnya.

KMHDI  juga mengucapkan"Selamat Hari Raya Nyepi tahun baru saka 1945. Selamat melaksanakan ibadah puasa bagi saudara-saudari yang beragama muslim bersama-sama kita rayakan dengan rasa bahagia serta kedamaian," ucapnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar