SPACE IKLAN

header ads

Tahun Ini Sumbawa Usulkan 10 Unit Ambulance

Foto. Istimewa

Oleh. HR
Senin, 25 September 2023
Editor. Bq Nining

SUMBAWA, WartaBumigora - Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa melalui Dinas Kesehatan (Dikes) bakal mengusulkan pengadaan 10 unit Ambulance khusus untuk wilayah wilayah atau desa desa yang saat ini masih sulit akses.

“Untuk tahun 2024 nanti, kita akan mengusulkan minimal 10 unit ambulance desa malalui APBD Kabupaten,” kata Kepala Dikes Sumbawa Junaedi Umar, Senin (25/09/2023).

Ditambahkan, selaian usulan 10 unit ambulan desa tersebut, pihaknya juga akan mengusulkan ambulan khusus untuk beberapa desa yang masih sulit diakses terutama wilayah selatan dan pulau.

“Kemudian kita juga mempertimbangkan usulan ambulan spesifikasi khusus, karena masih ada desa desa yang aksesnya masih belum bagus atau sulit dijangkau,” katanya.

Dikatakan, saat ini usulan 10 unit ambulan desa tersebut dalam tahap pembahasan. Terkait sepesifikasi, termasuk desa yang akan menerima tranportasi penunjuang pelayanan kesehatan itu.

“Kita masih rumusan dengan BAPPEDA. Untuk sasarannya desa  yang aksesnya susah, baik dari sisi jarak maupunnya sulitnya transportasi. Soal wilayah selatan, karena butuh kendaraan grade khusus. Tapi kalo memang APBD kita mampu bisa kita usulkan,” ujarnya.

Menurutnya, pengadaan ambulan desa tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Hal ini, sesuai dengan Rencana Pembangunan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan 10 Program Unggulan Mo-Novi salah satunya di bidang kesehatan.

“Hingga saat ini, total ada 16 unit sampai 2024 nanti. Karena diketahui, ada juga  berapa desa yang sudah membeli sendiri albulan dengan menggunakan ABPDes,” katanya menambahkan.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar