SPACE IKLAN

header ads

Yuk Intip Pesona Pantai Cemare Lembar, Wisata Pantai yang Menakjubkan di Lombok Barat

Foto. Istimewa.

Jumat, 15 Maret 2024.
Oleh, ll
Editor, Lalu Muhasan.

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔,𝗟𝗢𝗠𝗕𝗢𝗞 𝗕𝗔𝗥𝗔𝗧 - Pantai Cemare Lembar mungkin tidak terlalu populer dibandingkan pantai di Lombok lainnya.

Namun, tidak ada salahnya anda datang berkunjung untuk menikmati keindahan alam dan suasana damai.

Pantai ini sebenarnya, tidak kalah cantik dengan lainnya, bentangan laut luas sangat jelas terlihat mata sebagai pemandangan utamanya.

Meski tidak begitu populer, namun, warga sekitar seringkali menjadikannya sebagai lokasi untuk berkumpul. Biasanya pada pagi dan sore hari, dimana waktu itu cuaca lebih dingin dan menyegarkan.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan, mulai dari jalan-jalan di sekitar pantai, bermain air, naik perahu, dan berburu spot foto.

Sebagian besar waktu, pantai ini tidak begitu ramai sehingga memberikan pengalaman yang lebih tenang dan santai bagi para pengunjung. Meski demikian, fasilitas yang disediakan tergolong lengkap.

Bahkan di sekitar pantai terdapat berbagai warung makan yang kebanyakan menjual makanan dari olahan ikan laut, seperti udang, kepiting, dan cumi-cumi.

Daya Tarik Pantai Cemare

Meski ada banyak pantai di Lombok, namun, masing-masing memiliki daya tarik tersendiri. Demikian juga dengan wisata dengan pesona lautnya yang indah ini.

Tidak jauh dari kawasan pantai terdapat hutan mangrove yang tampak asri. Suasananya pun sepi, cocok sebagai tempat healing menyegarkan pikiran.

Keindahan Pantai Cemare 

Tidak jauh berbeda seperti halnya, pantai pada umumnya, di sini terdapat bentangan pasir putih yang sedikit kecokelatan. Pasirnya cukup lembut, bahkan tidak terasa ketika menginjakkan kaki.

Sedikit ada batuan karang dan juga cangkang kerang, namun tidak begitu mengganggu. Di depan pantai terdapat perbukitan yang cantik dan elok.

Pemandangan wisata Pantai Cemare Lembar di Lombok Barat yang paling utama yakni Gunung Agung. Meski terlihat cukup jauh, namun, tetap jelas karena ketinggiannya.

Di sore hari, pemandangan semakin menakjubkan dengan adanya sunset dibalik gunung terbesar di Lombok tersebut. Ombak yang datang relatif kecil, jarang sekali ada gelombang tinggi hingga ke tepi.

Oleh sebab itulah banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk aktivitas berenang dan bermain air. Karena kawasannya tidak jauh dari Pelabuhan Lembar, ada pemandangan unik yang tidak didapatkan di pantai lain.

Tidak jarang kapal yang ukurannya lumayan besar hilir mudik lewat di depan pantai seolah menyapa setiap wisatawan yang datang.

Hutan Mangrove yang Asri

Daya tarik Pantai Cemare Lembar Lombok Barat berikutnya yakni terdapat hutan mangrove atau yang lebih dikenal hutan bakau.

Adanya hutan ini menjadikan suasana pantai berbeda, lebih asri dan sejuk. Hutan ini menjadi habitat banyak hewan, dan bukan hanya hewan laut saja. Selain kepiting, udang, dan ikan, banyak juga burung yang hidup di kawasan ini.

Pengunjung tidak hanya dapat melihatnya dari jauh, namun juga berkeliling hutan sambil menikmati suasana. Terdapat jembatan kayu yang dapat dijadikan akses untuk mengelilingi hutan mangrove.

Jika ada dana lebih, anda dapat menyewa perahu nelayan untuk berkeliling. Luasnya sekitar 70 hektare, jadi semakin seru dijadikan area berpetualang.

Hutan mangrove di Pantai Cemare Lembar memiliki peran ekologis yang sangat penting, termasuk melindungi pantai dari abrasi dan badai.

Selain itu juga menyediakan tempat berkembang biak bagi berbagai jenis ikan dan biota laut, serta menyimpan karbon. Selama berkunjung, pastikan anda menjaga kelestarian dan menjaganya tetap bersih.

Suasana Sepi dan Damai

Pada umumnya, pantai akan selalu dipadati wisatawan dari berbagai daerah. Namun berbeda dengan pantai di Lombok yang kita bahas kali ini, pengunjung yang datang tidak terlalu banyak.

Kalaupun ada, kebanyakan dari warga sekitar yang menghabiskan waktu bersama keluarga. Mereka datang di pagi atau sore hari atau ketika liburan.

Kondisi ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Cemare Lembar. Bagaimana tidak, bagi yang menginginkan suasana damai, pantai ini cocok dijadikan alternatif utama.

Apalagi suasana dan keindahan alam begitu terasa, pemandangan pun terkesan asri karena adanya hutan mangrove. Ombak dan angin yang datang membuat suasana semakin syahdu.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Selain daya tarik dari keindahan alam dan hutan bakau yang dijelaskan diatas, pantai cantik di Lombok ini ternyata lokasinya cukup strategis. Jarak dari pusat kota tidak terlalu jauh, hanya sekitar 33 kilometer.

Jarak tersebut terhitung apabila anda berangkat dari Alun-alun Tastura, yang mana pada umumnya dapat ditempuh selama 50 menit.

Rute menuju Pantai Cemare Lembar Lombok Barat jika berangkat dari alun-alun yaitu menuju ke Jalan Raya Mandalika, kemudian ke Jalan Raya Sengkol. Lanjutkan perjalanan sekitar 16 kilometer, anda akan tiba di Bundaran Gerung.

Ambil arah kiri menuju ke Jalan Raya Lembar, kemudian ikuti sepanjang jalur utama hingga tiba di Jalan Imam Bonjol.

Tujuan berikutnya yakni ke Jalan Raya Lembar Serumbung, sebelumnya anda akan melewati Polres Lombok Barat. Setelah melewati Jembatan Cemara, tempat wisata hanya berjarak 500 meter.

Cukup ikuti papan petunjuk yang tersedia atau bertanya pada warga sekitar. Pantai ini berada di Pelabuhan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Tidak harga tiket masuk yang harus dibayarkan selama mengunjungi kawasan wisata Pantai Cemare Lembar.

Hanya saja anda harus menyiapkan dana untuk retribusi parkir 2.000 bagi yang membawa sepeda motor, dan 5.000 untuk mobil.

Jika ingin menggunakan toilet, siapkan tambahan dana sebesar 3.000 rupiah. Pantai ini dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 – 18.00 WITA.


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar