SPACE IKLAN

header ads

Hoaks! Kades di NTB Diamuk Warga Kecurangan Dalam Pemilu 2024

Foto. Istimewa.

Senin, 7 Mei 2024.
Oleh. ll
Editor, Baiq Nining.

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔.𝗜𝗗, 𝗠𝗔𝗧𝗔𝗥𝗔𝗠 -  Sebuah video menarasikan, seorang kepala desa (kades) di Nusa Tenggara Barat (NTB) diamuk warga karena melakukan kecurangan di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Namun, setelah ditelusuri narasi tersebut tidak benar atau hoaks. 

Narasi yang beredar Narasi soal kades di NTB diamuk massa karena melakukan kecurangan pemilu dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, ini. dan ini. Akun tersebut membagikan video yang menampilkan sejumlah orang terlibat kericuhan. Salah satu akun menuliskan keterangan demikian:



*AMUK MASSA PADA KEPALA DESA* *Kejadian di NTB,, pemiCu nya masyarakat protes kecurangan 02....* ?? Yang Curang Pasti Dapat Balasan.

Penelusuran Kompas.com Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, konten kericuhan tersebut identik dengan video di kanal YouTube Antara TV ini, yang diunggah pada 23 Februari 2024. Antara memberitakan peristiwa seorang Kades Foya Tobaru bernama Yusuf diserang oleh warga. Foya Tobaru terletak di Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

Kesimpulan Narasi soal kades di NTB diamuk massa karena melakukan kecurangan pemilu adalah hoaks.

Video tersebut merekam peristiwa warga Desa Foya Tobaru, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara menyerang sang kepala desa bernama Yusuf. Kericuhan diduga karena dana BLT belum turun dan gaji kaur yang berasal dari dana desa belum dibayarkan.



Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar