SPACE IKLAN

header ads

Perbaikan Dermaga Padangbai Bali, Berdampak Antrean Kendaraan Menuju Pelabuhan Lembar

Foto. Nampak deretan kendaraan saat antri di pelabuhan Lembar.

WARTABUMIGORA. LOMBOK BARAT -- Deretan antrian kendaraan di Pelabuhan Lembar di perkirakan sudah mencapai 800 meter tepatnya di tikungan LPG Dusun Segenter Desa Lembar Kecamatan Lembar Lombok Barat. Selasa (10/12/2019).

Dari pantauan media ini, penyebab antrian kendaraan tersebut karena masih adanya perbaikan Dermaga 1 Padangbai Bali. Sehingga untuk saat ini masih ditutup.

Menurut dia Iptu I Wayan Sugiana, selaku Kapolsek Pelabuhan Lembar, estimasi perbaikan dermaga tersebut selama tiga hari terhitung dari Hari Minggu 8 Desember 2019 Sampai dengan selesai.

" Karena perbaikan tersebut, Dermaga yang ada di Bali hanya satu saja yang beroperasi, yang menyebabkan terjadinya antrean Kapal yang mengapung menunggu giliran bersandar di dermaga pelabuhan Padang Bai Bali." Ucapnya.

Pihak BPTD sudah mengatur Jadwal penyeberangan sehingga tidak terjadi penumpukan antrean kapal  yang mengapung di Padangbai, namun tetap berdampak terjadinya antrean kendaraan yang akan menyeberang di Pelabuhan Lembar.

Upaya Kepolisian untuk mengantisipasi kemacetan lalulintas akibat antrean ini, Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar yang di Back Up oleh Polres Lobar melakukan pengaturan Lalulintas dengan memberlakukan buka tutup arus kendaraan.

Disamping itu pula, kendaraan yang mengantri diarahkan menuju Area Parkir Pelindo III untuk meminimalisir penumpukan kendaraan.

" Untuk masyarakat pengguna jasa penyeberangan pelabuhan lembar, saya menghimbau agar tidak membawa banyak barang, sehingga tidak merepotkan saat menunggu penyandaraan di pelabuhan Padangbai." Pinta Kapolsesk Pelabuhan Lembar.

Disamping itu di sarankan untuk mengatur ulang jadwal keberangkatan, diperkirakan kepadatan arus penyeberangan terjadi pada malam hari.

Selain itu juga, GM Supervisi ASDP Adrian Runtukahu mengatakan, bahwa dalam durasi bongkar muat untuk pelabuhan Lembar normalnya 90 Menit setiap bongkar muat kapal, namun dengan adanya perbaikan dermaga pelabuhan dipadangbai, durasi bongkar muat diatur menjadi 120 menit atau dua jam .

" Ini dimaksudkan agar tidak terjadi penumpakan kapal yang mengapung di kawasan pelabuhan padangbai." Jelas dia.

" Hanya saja berdampak aktifitas bongkar muat di Pelabuhan Lembar, hingga terjadi antrean kendaraan, bukan disebabkan oleh lonjakan arus penyeberangan." Lanjutnya.

Menurutnya, perbaikan sementara di Dermaga Padangbai Bali merupakan upaya ASDP untuk antisipasi arus kendaraan menjelang Natal dan Pergantian Tahun.(lalu).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar