SPACE IKLAN

header ads

Pokdarwis Sekobar Ajak Pemerintah Kembangkan Potensi Wisata Sekotong Barat

Pokdarwis Sekobar Ajak Pemerintah Kembangkan Potensi Wisata Sekotong Barat.

WARTABUMIGORA. LOMBOK BARAT - Desa Sekotong Barat memiliki kawasan potensial untuk dikembangkan sebagai kawasan pariwisata. Karena selain wilayahnya yang luas, Desa Sekotong Barat juga mempunyai garis pantai yang panjang dengan belasan gili di sekitarnya. Seperti yang paling populer saat ini yaitu Gili Nanggu dan Gili Sudak. 

Wilayah Desa Sekotong Barat bisa dikatakan all in one dalam hal pariwisata. Disini terdapat pantai, gili,  terumbu karang, hingga kesenian yang dapat menjadi daya tarik wisatawan. 

Bahkan deretan perbukitan di Desa  Sekotong Barat mempunyai panorama yang photogenic, karena menghadap langsung ke laut. 

Semua potensi yang ada tersebut tidak ada artinya apabila tidak dikembangkan dengan baik melalui keterlibatan semua pihak terutama pemerintah. Seperti yang disampaikan oleh Manager Alden Beach House, sekaligus Wakil Ketua Pokdarwis Sekotong Barat, Hamdan, Sabtu (10/4).

"Sekotong ini ibarat pengantin baru. Pengantin baru itu kalau tidak dihias maka dia akan amburadul. Jadi harapan kami dengan terbentuknya Pokdarwis yang baru di Desa Sekotong Barat yang diketuai oleh Bapak Aji Sujana dan  bekerjasama dengan Bapak Kepala Desa Sekotong Barat, Bapak Saharudin agar kerjasama tersebut bisa mengembangkan potensi pariwisata di Desa Sekotong Barat," harapnya. 

Selama merebakanya virus Corona, kondisi pariwisata di Sekotong Barat mengalami penurunan kunjungan wisatawan yang sangat drastis. Destinasi-destinasi wisata terlihat sepi nyaris tanpa pengunjung, termasuk hotel dan restauran. Keadaan tersebut diperburuk karena wisatawan luar daerah dan mancanegara diharuskan melakukan Rapid Test ketika hendak berkunjung ke tempat wisata. 

"Kendalanya ya ini tamu perlu rapid test segala macam kalau yang dari luar daerah dan luar negeri itu, sehingga sekarang sepi jadinya," kata Hamdan. 

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Desa Sekotong Barat, M. Yani Aji Sujana mengusulkan agar pemerintah membuat alat transportasi tradisional untuk menarik wisatawan berkunjung ke Sekotong Barat. Wisatawan nantinya akan dibawa menggunakan moda transportasi tradisional tersebut untuk  melihat objek-objek wisata yang ada di Sekotong Barat, bahkan saat ada kunjungan dari pemerintah daerah. 

"Disini sepanjang berapa kilometer itu kiri kanan sudah ada hotel semua. Yang kami butuhkan transportasi seperti Cikar, Cidomo (sejenis Delman, red.) itu agar menjadi salah satu daya tarik kita di Desa Sekotong Barat ini. Dan itu bisa kita buat jadi event nantinya. Kita jemput Pak Bupati ketika ada event di Gapura Selamat Datang itu kita keliling pakai Cidomo menikmati objek-objek wisata yang ada di Sekotong Barat ini," kata pria yang akrab dipanggil Ion ini.(Us).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar