SPACE IKLAN

header ads

Maju Dibursa Perebutan Nakhoda KNPI Dompu, Ini Gagasan Briliant Muammar Kadafhy, SE

Muammar Kadafhy, SE.

WARTABUMIGORA. Dompu - Suksesi kepengurusan dan regenerasi kepemimpinan di tubuh DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) akan segera dihelat di Kota Bumi Nggahi Rawi Pahu Dompu dalam waktu dekat, beberapa nama dan kandidat serta figurnya mulai pasang kuda kuda, bahkan beragam cara untuk menarik dan meraih simpati konstituen organisasinya guna mampu mengawaki apa yang dicita-citakan dalam konteks civil society and youth empowering throuhgh human resources adanya. 

Pantauan media,  di Kabupaten Dompu mulai terlihat tanda tanda perubahan dan akan lahir pemimpin muda dari kaum milenial sebagai satrio piningitnya KNPI,  mengingat organisasi tersebut ibarat hidup enggan mati tak mau sebagaimana pepatah bijak lama jika dinarasikan adanya. 

Ada wacana KNPI Pusat akan menyatukan menggabungkan perseteruan Dualisme kepengurusan dengan telah bersepakat akan melakukan munas knpi bersatu. Beberapa waktu kedepannya, seperi KNPI pusat KNPI Kabupaten dompu  juga terjadi dualisme kepengurusan antara kubu Bung rihul dan kubu Bung Sarif tetapi dengan adanya kesepakatan bersama pengurus KNPI di tingkat pusat yg selama ini berseteru untuk kembali bersatu dan segera akan melakukan Munas, membawa kabar baik jg pada tingkat wilayah kabarnya Musyarawah wilayah  akan segera digelar beberapa minggu kedepannya sekaligus menyatukan keduanya,  dengan mengajukan tema KNPI bersatu,  artinya kedepannya dengan hasil Muswil nanti bahwa setelah knpi propinsi itu disatukan maka berimbas pula di dompu yg wajib hukumnnya untuk bersatu, Artinya dengan momentum bersatunya KNPi ini nantinya, saya sich berharap kedepan akan kembali menyatukan pemuda pemudi yang saling ber seberangan, dan saling terkotak kotak selama ini,  paska dualismenya kepengurusan knpi selama ini.

" Kedepan jika sukses dalam perhelatan MuSDA program nantinya untuk lebih memberikan warna baru pada organisasi knpi program kerja KNPI lebih banyak lakukan oleh pengurus KNPI tingkat kecamatan, ingin memberikan marwah KNPI mulai dari tingkat kecamatan..karna disana ada pengurusnya yang aktif yg harus di perhatikan keberadaannya, Sehingga di harapkan KNPI akan mulai memberi warna baru di semua Kecamatan yang ada diwilayah Kabupaten Dompu. Artinya DPD nantinya hanya mensuport kegiatan dan program kerja yg di agendakan oleh pengurus kecamatan pada 8 kecamatan." Ucapnya. Sabtu (22/5).

Disinggung mengenai kenapa terjadi dualisme,  dengan tangkas dia mengatakan ada beberapa daerah Kabupaten kota yang menganut dualisme kepengurusannya termasuk di dompu itu menganut dualisme sejak tiga tahun yang lalu kalau nggak salah paska Bang Rihul terpilih menjadi ketua DPD KNPI.

Artinya memang dualisme memang  tidak bisa dihindari oleh KNPi di tingkat daerah ini imbas oleh PUSAT,  calon ini punya tekad dan misi serta cita cita untuk menyatukan pemuda dompu,  dan bisa bersinergi untuk bekerja dan berkarya menyelesaikan permasalahan pemuda dan menjadikan KNPI dapat bermamfaat bagi pemuda/pemudi dan daerah yg kita cintai ini, dgn kemampuan dan potensi yang di miliki oleh pemuda dompu.

"Saya berharap nantinya melalui bersatunya KNPI Dompu, pemuda kembali bersatu, baik yg berada di versi Bang Rihul dan versi Syarif, karena percayalah jika potensi pemuda yg berada di kedua versi ini kita satukan dan atau menyatukan program keduanya sy percaya kedepan KNPI akan menjadi lebih baik lagi." Jelas dia.

Awak media mencoba menanyakan timing pelaksanaan Musda KNPI.

"Musda dompu ini akan dilakukan paska muswil dihelat propinsi,  muswilnya rencananya juni depan,  dalam waktu dekat ini artinya setelah Muswil dilakukan , jika wilayah sudah bersatu maka dompu dan Kabupaten lainnya di NTB yg juga saat ini dualisme akan bersatu kembali," ungkapnya. 

Disinggung siapa saja bakal calon di Kabupaten Dompu yang akan bersaing dan ber kompetisi dalam bursa pencalonan DPD KNPI Dompu.

"Sampai hari ini masih terlihat hanya tiga mungkin,  dari ketiganya tsb saya sendiri,  kemudian Bang redo sama Bang Rifat Muslimin , jawabnya " mereka sahabat sahabat saya juga sih." dengan tegasnya.

Di dompu ada 42 okp  nasional yg akan menjadi peserta Musda dan di tambah pengurus kecamatan KNPI se kab Dompu kebetulan dompu ada delapan Kecamatan maka pk nya delapan. Ditambah dengan Ketua Demisioner, itulah peserta yg memiliki hak suara pada perhelatan musda mendatang.

Harapan besar saya Ingin menggabungkan menyatukan kembali keretakan,  dualisme yang sempat terjadi beberapa tahun lalu yang sedikit menghambat proses proses kinerja dan kerja KNPI, kita sambut kabar gembira ini bahwa dengan bersatunya kembali KNPI ini maka pemuda pemudi Dompu akan kita rajut kembali dan satukan kembali, artinya kedepan tdk ada Lg versi, kelompok kelompok pemuda, dan perbedaan,semua harus bersatu untuk bekerja bersama dalam kepengurusan KNPI yg satu, ini akan jadi sejarah baru dan saya yakin lewat tangan dan pikiran bersatunya pemuda nantinya KNPI akan menghadirkan warna baru di bumi nggahi rawi Pahu kedepannya.

Dirinya bertekad wajib untuk menyatukan pemuda kembali, agar program kerja knpi kedepannya itu lebih baik lagi,  karna saya yakin visi dan misi kepemudaan tdk bisa berjalan baik jika tidak kita lakukan secara bersama sama.

"Saya pernah dilantik dua periode sebagai pengurus KNPI, dan sampai skrg sdh lebih 10 tahun menjadi Ketua OKP  Mahasiswa Pancasila (mapancas), maka inshaAllah pengalaman dan pemahaman tentang organisasi ini inshaAllah cukup matang lah, namun poin yg lebih penting sematang apapun harus tetap terus menghormati senior senior dan meminta nasehat serta masukan senior senior KNPI jika nanti sukses dalam perhelatan MUSDA,  responsnya." Katanya.

" Inshallah untuk usia saya memenuhi syarat sesuai persyaratan Ad/Art KNPI maksimal mencalonkan diri tdk lebih dari empat puluh tahun artinya sy belum 40 tahun jadi memenuhi syarat." Ucapnya.

Sebenarnya KNPI Dompu ini sebuah organisasi besar karena menaungi 42 OKP Nasional dan 8 pengurus kNpi yg berada di tiap kec Sekab dompu, artinya kedepan kita bersama sama membesarkan KNPI,karna Banyak orang yg bernaung di bawah KNPI seperti okp yang ada karena disatu organisasi okp saja itu akan hampir ratusan penuda bernaung didalamnya, begitu jg pengurus kecamatan, jadi bayangkan berapa banyak pemuda yg akan ikut merasakan peran dan fungsi KNPI kedepannya.

Jika KNPI dibenahi dengan baik secara maksimal begitu jg dengan proses proses kerjanya maka urusan kepemudaan akan terwakili, tentunya dgn tetap menjadi mitra pemerintah daerah melalui program kepemudaan.

Closing Statement 

Ajang regenerasi KNPI atau momentum perebutan menjadi ketua knpi,  jangan dijadikan sbg ajang yg akan membuat hubungan silaturrahmi kita menjadi jarak,justru sebaliknya harus lebih mempererat hubungan silaturrahmi bagi kita semua, untuk menjadi ketua itu anda tidak harus super pintar, cukup anda pintar mengumpulkan pemuda pemuda pintar untuk bisa bekerja bersama sama dalam 1 kepengurusan KNPI nantinya dalam menjalankan organisasi sehingga bermanfaat bagi para pemuda dan pemudi yang ada di Kabupaten Dompu karna . sy percaya sepintar apapun pemimpin jika tidak di dukung oleh pengurus dan pemyda pemudi yg pintar maka tdk akan maksimal untuk menyukseskan visi dan misinya  , pungkasnya.(Nkmn).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar