SPACE IKLAN

header ads

SMK Alkahfi Sumbawa Lahirkan Siswa Siswi Hafidz Al-Qur'an dengan Soft Skill Hidup.

SMK Alkahfi Sumbawa Lahirkan Siswa Siswi Hafidz Al-Qur'an dengan Soft Skill Hidup.

WARTABUMIGORA  Sumbawa - geliat Pendidikan Di Kota "Sabalong  Sama Lewa" saat ini selangkah lebih maju khususnya Pulau Sumbawa, jangankan Sekolah Negeri,  Swastapun di Sumbawa sangat ulet tekun dan kreatif adanya,  siang Jumat 21 Mei 2021 awak media mencoba bertemu dengan Sahabat lama semasa Pendidikan bahasa Arab di  PonPes  tersebut 

Selepas Acara  Sumbawa Bergerak Rebut kembali Palestina sebuah Aksi Solidaritas Bela Palestina  di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa Besar, AMR mencoba mendekati. 

Sahabat saya ini sekarang diamanahkan sebagai Kepala Sekolah SMK Alkahfi Sumbawa. 

Meski sebentar kami bertemu, Kami merasakan aura positif bahwa semangat aksi hari ini membuncah pada  gerakan selanjutnya yakni bagaimana mengokohkan kepedulian kita pada saudara kita sesama muslim dan juga kemanusiaan. 

Mengenal saudara Saya ini adalah keberuntungan karena dari tangan dinginnya lahir kader dakwah dan generasi muda yang paham dengan agama sekaligus  soft skill keterampilan hidup. 

Ingam menuturkan bahwa  di SMK Alkahfi Siswa siswi di didik dengan sistem Pondok Pesantren dan program unggulannya adalah Tahfidzul Qur'an.

Dengan beberapa program yang dijalankan telah mampu melahirkan Hafidz dan Hafidzah sekarang sudah berjalan selama 7 Tahun. Disamping itu pula siswa siswi dapat membuat karya dan mendapatkan pendapatan yang cukup didalam kegiatan ekstrakurikulernya, seperti usaha yang dijalankan sekarang adalah beternak ayam petelur sebanyak 20.000 ekor, agribisnis ternak ruminansia, agribisnis pertanian,  dan menanam Kelor sebanyak 5000 pohon,  memproduksi teh kelor dan Usaha lainnya.

 "Alhamdulillah sekarang SMK Alkahfi telah Ada adiknya yakni  SMPIT Alkahfi sehingga yayasan Alkahfi insan Cendekia mengelola 2 lembaga  yang sekolahnya  bernaung dibawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa  kemudian Pesantren nya bernaung dibawah Departemen Agama. sejak awal Merupakan Binaan UTS dan Sekarang telah satu management dengan Universitas Teknologi Sumbawa." Katanya. Jumat (21/5/21).

SMK Alkahfi didirikan oleh Dr. Zulkifli mansyah SE.M.Si yang merupakan Gubernur NTB sekarang, sehingga ada program Beasiswa masuk ke UTS (yang Peluangnya 100 % dapat ) serta Beasiswa bagi Siswa berprestasi.  

Adapun Program studi yang dibuka ada 6(Enam) jurusan yakni : 1) Akuntansi , 2) Alat Mesin Pertanian,  3) multimedia, 4) Agribisnis Ternak Unggas, 5) Agribisnis Ternak Ruminansia, dan 6) Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian.  Tutur Ingam.

Atas informasi ini saya tertarik untuk mengetahui lebih dalam profil sekolahnya. Sehingga dapat saya sampaikan kepada Keluarga, kolega dan handai Tolan.

Profil Sekolah SMK Alkahfi secara singkat dijelaskannya bahwa SMK Alkahfi didirikan diatas tanah seluas 5000 M2.  dikawasan perbukitan plat Maras Desa Pernek  Kecamatan Moyo hulu  Sumbawa.dengan akses jalan yang sudah aspal.

" Dan lokasinya sangat tenang karena jauh dari keramaian hal ini cocok bagi dunia pendidikan." Katanya. 

Tenaga pendidik di SMK Alkahfi dan SMPIT Alkahfi adalah tenaga pengajar yang berpengalaman yang lulus dari perguruan tinggi ternama dan terkemuka baik S1 dan S2 seperti UNSUD Semarang,  Universitas Tri Sakti Jakarta, universitas Teknologi Sumbawa, UNRAM Mataram, UNSA, Ponpes Modern Gontor, dan Alumni Ponpes lainnya. 

Fasilitas yang dimiliki untuk menunjang pendidikan antara lain : Lingkungan yang asri dan nyaman, Masjid Ashabul Kahfi, Laboratorium Komputer,Asrama dengan arsitektur khas Sumbawa, Ruang dan Lahan Praktek Pertanian, Lapangan Sepakbola dan olah raga lainnya,  Peternakan Ayam Petelur dan Peternakan Sapi Penggemukan.

Demikian pula prestasi yang telah diraih Sekolah ini sangat menonjol dalam bidang Agama dan Olah raga seperti juara  Lomba Syarhil Qur'an Putri  Tahun 2017, Juara 1 Lomba Khotmil Qur'an Putra tahun 2017, Peraih nilai tertinggi UN SMK SE Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2018,. menjadi juara  Berbagai Even olahraga seperti sepakbola,  Wall Magazine dan Tractors Engine  asembly  Pada Lomba Kompetensi Siswa tahun 2019." Urainya.

Diakhir pertemuan beliau sempat kabari bahwa saat ini SMK Alkahfi dan SMPIT Alkahfi sedang masa penerimaan Siswa Baru Tahun 2021, tepatnya Masa pendaftaran  Gelombang kedua tanggal 13 Mei S/D 2 Juni 2021,  dan tesnya dilaksanakan  pada tanggal  3 Juni sampai 8 Juni 2021 kemudian  pendaftaran ulang pada  tanggal 9 Juni SD 13 Juni 2021.

Selamat berkarya sahabat, Saya bangga karena saya juga telah menjadi keluarga besar Universitas Teknologi Sumbawa melalui Pascasarjana Magister Manajemen Inovasi Uts, dan pantas juga saya untuk mengenalkannya kepada Dunia, Yuk Sekolah di SMK/ SMPIT Alkahfi.

Pantauan media dilokasi sekolah ini mampu mandiri dan tidak bergantung kepada pemerintah melainkan mampu berikhtiar secara swadaya dan swakarya. (AMR).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar