SPACE IKLAN

header ads

Wali Kota Bima HML Sebut MK Lahir Perkuat Konstitusi Berbangsa dan Bernegara

Wali Kota Bima HML Sebut MK Lahir Perkuat Konstitusi Berbangsa dan Bernegara.

WARTABUMIGORA. Kota Bima - Hari Ini Jum’at (21/5/2021) Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia melakukan Sosialisasi Sehari dengan Tema Peran Mahkamah Konstitusi dalam menjaga dan merawat Hak-Hak Konstitusional Warga Negara Dalam Negara Demokrasi.

Kegiatan yang diselenggarakan di ruang rapat utama Kantor DPRD Kota Bima tersebut ikut Hadir Bupati Dompu, Ketua DPRD Dompu, Ketua DPRD Kabupaten Bima, Ketua DPRD Kota Bima, Wakil Walikota Bima, Ketua MUI Kota Bima dan sejumlah Pimpinan OPD se Kota Bima.

Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) dalam kesempatan itu menyebutkan bahwa Dengan kehadiran Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia DR. H. Anwar Usman, SH, MH melakukan sosialisasi, tentu akan semakin menambah khasanah Ilmu Pengetahuan kita tentang berbangsa dan Bernegara.

Menurut HML, bahwa sesungguhnya Negara yang kuat adalah negara yang dibangun di atas hukum, dan Hukumlah Panglima nya dalam Berbangsa dan Bernegara.

“Negara yang kuat adalah negara yang dibangun diatas hukum, kita tau bahwa Hukum adalah Sebuah Panglima, Kalau Negara berdasarkan Kekuasaan maka hukum tidak berdaya” ungkap Walikota HML.

Keberadaan Mahkamah Konstitusi di era Reformasi adalah memberikan angin segar pada konstitusi kita akan semakin kuat.

Menurut HML bahwa eksistensi Mahkamah Konstitusi menjamin Hak-hak Kewarganegaraan atas kehiduoan berbangsa dan bernegara akan di uji di sebuah lembaga yang bernama Mahkamah Konstitusi.

“Mahkamah Konstitusi ini semakin nyata menentukan proses kehidupan berbangsa dan bernegara di kemudian hari." Ujarnya.

Walikota HML pun menyebutkan bahwa sesungguhnya kita warga masyarakat Bima bersyukur bahwa memiliki putra terbaik nya menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi saat ini.

“Kita bergabung di pangkuan NKRI tahun 1948 dan orang-orang bima hijrah ke Ibukota Jakarta sekitar tahun 60 an, namun mampu melahirkan generasi handal mampu berada dalam sirkulasi kekuasaan di Republik ini.' katantya.

Walikota HML pun berharap lahirnya generasi handal lainnya kedepan.

Walikota HML sangat berkeyakinan bahwa rekam jejak Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia akan diikuti oleh generasi muda yang akan datang yang tentunya akan lahir Anwar Usman Anwar Usman lainnya yang memiliki talenta berbangsa dan bernegara.

Dengan hadirnya Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dalam Acara Sosialisasi menurut HML ini adalah angin segar buat masyarakat Kota Bima, Kabupaten Bima Dan Kabupaten Dompu.

Keberadaan beliau (DR. H. Anwar Usman, red) Selaku Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia menguasai hukum di Negera Kesatuan Republik Indonesia tentu bisa kita kompromi kan dalam konotasi yang positif.

“Kompromi yang positif untuk kepentingan bangsa dan negara” Tegas Walikota.

Dalam pidatonya, Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, DR. H. Anwar Usman, SH., MH menyebutkan bahwa, Negara menjamin seluruh hak Konstitusional dan juga hak-hak asasi manusia yang hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Bahwa sesungguhnya hak-hak Konstitusi itu dijamin oleh negara baik secara pribadi atau perorangan maupun kelompok masyarakat” ujar Ketua MK.

Di akhir pidatonya, ketua MK menyinggung persoalan pengusulan pemekaran pulau sumbawa, dan itu konstitusional, namun perjalanannya akan panjang dan butuh proses-proses yang tentunya konstitusional juga.(Nukman).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar