SPACE IKLAN

header ads

Mewujudkan Lingkungan Sehat dan Bersih, Kades Mareje Timur Bangun Jamban Sehat

Berita Nasional
HEADLINE NEWS

Oleh. Iis
Editor. L. Muhasabah
20 Agustus 2021.

 Lombok Barat - Desa Mareje Timur menjadi Desa Open Defecation Free (ODF) dalam upaya mencapai sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat, masyarakat Desa Mareje Timur Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat NTB. 

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Verifikasi ODF adalah proses memastikan status ODF satu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan. 

Bebas ODF merupakan pernyataan Desa, yang mana desa tersebut telah bebas dari Perilaku Buang Air Besar di Sembarang Tempat. Sebelumnya ucap Kades Mareje Timur di hadapan wartawan Wartabumigora menjelaskan bahwa, Desa Mareje Timur atau populernya di sebut Maretim sempat terjadi perbincangan tentang warga yang pada saat itu membuang kotoran di sembarang tempat. Namun dengan kerja keras H. Hadran selaku orang nomor satu di Mareje Timur tersebut membuahkan hasil yang sangat signifikan. 

" Selama ini pemerintah desa dan puskesmas eyat mayang sangat bekerja keras, terlebih dukungan penuh dari dinas PUPR lombok barat yang begitu menaruh perhatian dengan kondisi desa Mareje Timur terlebih saat pandemi." Ujar H. Hadran selaku Kades. Jumat (20/8/2021). 

Dikatakan H. Hadran, Pemerintah Desa Mareje Timur menuntaskan gerakan Perilaku Buang Air Besar di Sembarang Tempat harus ditargetkan tahun 2021 sampai 2022.

" Ya kita target tahun 2021 sampai 2022 desa Mareje Timur masyarakat harus sehat. Untuk melakukan kegiatan tersebut sangat gampang asal ada keinginan untuk bekerja keras." Kata H Hadran sekaligus Ketua Forum Kades Sekotong Lembar. 

Untuk mendukung wisata Pandan Wangi kata dia, tentu didasari dengan lingkungan yang sehat, walaupun wilayah Desa Mareje Timur berada di ketinggian antusiasme warga dengan program ODF tersebut sangat di minati. Terlebih Desa Mareje Timur saat ini termasuk zona Covid-19 masyarakat tidak berkecil hati. 

" Dan masyarakat terus berupaya berjuang menumbuhkan mentalnya dan terus berupaya meningkatkan perekonomian melalui menabung di BUMDes. Dan kita sudah mempunyai gerakan MARETIM menabung di Bank Desa yang saat ini sedang berjalan." Katanya.



Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar