SPACE IKLAN

header ads

BPN Gelar Sosialisasi PTSL di Desa Labuan Tereng

 

HEADLINE NEWS
Oleh. Ils
Jumat 28 Januari 2022.

Lombok Barat
- Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Badan Pertahanan Nasional (BPN) Berbasis Pertisipasi Masyarakat (PM)Tahun Anggaran 2022 Di Aula Kantor Desa Labuan Tereng Kecamatan Lembar Lombok Barat.

Selanjutnya, PTSL Merupakan Proses Pendaftaran Tanah Yang Belum Terdaftar Di Dalam Suatu Wilayah Desa . Melalui Program PTSL, Pemerintah Memberikan Jaminan Kepastian Hukum, Bisa Digunakan Untuk Modal Usaha, Bahkan Diwariskan Kepada Anak Cucu.

Dalam Pengurusan PTSL, Tentunya Ada Persyaratan-Persyaratan Yang Harus Dilengkapi Oleh Masyarakat Untuk Mensertifikatkan Tanah Hak Miliknya, Contohnya Surat Dasar, Indentitas Atau E-KTP, Dan Kartu Keluarga. Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Kantor Badan Pertahanan Negara (BPN)  Kabupaten Lombok Barat, I Made Arya Sanjaya saat melakukan Penyuluhan atau sosialisasi program Pendaftaran Tanah sistematis Lengkap (PTSL) di kantor Desa Labuan Tereng. Jum'at, (28/01/22).

Lebih jelas Kepala BPN Lombok Barat, I Made Arya Sanjaya meminta agar masyarakat tidak terbebani dengan biaya, cukup dengan pengadaan materi dan (PAL) sebagai tanda batas tanah warga. 

" Kita dari BPN tidak akan memungut biaya sepeserpun dan ini gratis, dan maslah Pal bisa beli sendiri," Katanya. 

Kepala Desa Labuan Tereng Humaidi merasa bangga dengan adanya program tersebut sebagai pilot project PTSL ditahun 2022 ini. 

"Terimakasih kami ucapkan kepada BPN Lombok Barat yang telah memilih Desa Labuan Tereng dalam program PTSL ini, tentu ini akan kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya, " Katanya. 

Kades juga meminta kepada semua unsur kewilayahan sebagai perpanjangan tangan dari program tersebut untuk fokus dan berhati-hati dalam pendampingan serta pengukuran tanah masyarakat. 

" Untuk bapak Kepala Dusun, mari kita fokus dan berhati-hati, jangan sampai ada pungutan liar di Masyarakat. Karena program ini langsung diawasi oleh Kepolisian dan kejaksaan," imbuhnya. 

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut adalah, Intelijen Kejaksaan Negeri Mataram, Unit Sidik Sat Reskrim Polres Lombok Barat, Bappenda Lombok Barat, BPN Lombok Barat dan jajaran, semua Kepala Dusun dan tokoh masyarakat. 
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar