SPACE IKLAN

header ads

Hebat! Sandik Menuju Desa Preneur 2022

Berita Nasional
HEADLINE NEWS
Oleh. Aldy
Editor. L. Muhasan
Kamis 13 Januari 2022.

Lombok Barat - Pandemi yang belum usai, menyisakan tantangan upaya pemulihan ekonomi yang sangat terpukul selama hampir dua tahun terakhir. Terutama persoalan menumbuhkan perekonomian di pedesaan.

Kini Kecamatan Batulayar merupakan salah satu Kecamatan dari 10 (Sepuluh) Kecamatan yang ada di Lombok Barat NTB. 

Desa Sandik merupakan salah satu Desa yang ada di kecamatan Batu Layar sangat terkenal dengan berbagai produksi olahan pangan seperti, kue basah, jajanan tradisional, jajanan kering, pengolahan tempe, dan lain sebagainya. 

Contohnya Dusun yang ada di Desa Sandik yaitu Dusun Are Manis yang mengelola usaha pada kue kering seperti, keripik ketela, keripik pisang dan lainnya. 

Selain itu juga pengemasan pada jajanan kering tersebut cukup terbilang masih cukup tradisional yaitu dengan menggunakan plastik bening biasa.

Selain pengemasan, varian rasa yang ada pun masih terbilang umum dikalangan masyarakat. Oleh karena itu, Team KKN Terpadu Desa Sandik 2021, yang dimana pada tanggal 22 Januari 2021 membuat suatu program yang betajuk “Sandik Menuju Desa Preneur 2022”. 

Yakni suatu program pembinaan dan pendampingan UMKM yang mencakup cara-cara meningkatkan kualitas produk UMKM baik itu dari segi rasa, pengemasan sampai ke marketing secara digital dan modern yang diharapkan mampu menambah daya jual masyarakat sehingga muaranya kepada peningkatan ekonomi Desa Sandik. 

Secara lebih komperhensif, team KKN Terpadu Desa Sandik 2021 turut membantu dalam pengolahan produksi keripik ketela, keripik pisang, dan berbagai keripik lainnya, dari bagaimana pengolahan bahan yang masih mentah menjadi bahan siap santap. 

Disamping itu juga UMKM membeli ketela dengan hitungan karung yang beratnya sekitar 70 kg dan minyak goreng yang digunakan dalam sekali produksi kurang lebih 12 liter.

Dalam proses pembuatannya, Team KKN Terpadu Desa Sandik 2021  membantu untuk mengupas kulit ketela dan pisang lalu memotongnya menggunakan alat yang tersedia. Dalam proses memasaknya pun, digunakan wajan penggorengan yang berukuran besar dan mengunakan kayu bakar sebagai bahan bakar nya. 

Setelah melewati proses pembuatan, pada proses pengemasan Team KKN Terpadu Desa Sandik 2021 mengemas kripik singkong tersebut dengan ziplock dan menambahkan varian rasa seperti rasa balado dan jagung bakar.

Untuk proses pemasaran dilakukan dengan e-commerce dimana Team KKN Terpadu Desa Sandik 2021 mempromosikan hasil produk di berbagai media sosial, seperti Instagram. Tidak hanya itu, Team KKN Terpadu Desa Sandik 2021 membuat platform website untuk dapat memudahkan pemasaran dan pemesanan keripik dan yang lainnya yang dapat dikunjungi di https://kkndesasandik2021.wixsite.com/website . 

Program Team KKN Terpadu Desa Sandik 2021 mendapatkan respon yang sangat memuaskan dari masyarakat sekitar, dan kepala desa. 

Kepala Desa Sandik, H. Abdurrahman, produk kemasan keripik singkong yang di programkan oleh mahasiswa KKN Unram sangat bagus. 

" Sebab apa pertama masyarakat mampu untuk membeli produk tersebut. Kami mendukung program adik – adik dan berharap semoga bisa berjalan lancer serta tetap menjaga bahkan meningkatkan kualitas dan mutu produk,” tuturnya. Kamis (13/1/2022). 

Tidak hanya berfokus pada UMKM saja, Team KKN Terpadu Desa Sandik 2021 turut serta dalam berbagai kegiatan yang ada di Desa Sandik seperti pelaksanaan posyandu untuk balita dari pihak Puskesmas terdekat, pelaksanaan vaksinasi di Dusun Are Manis dan Dusun Puncang Daya, serta gotong royong bersama dalam pembangunan masjid, melaksanakan kegiatan teras belajar untuk anak – anak sekitar dengan berbagai macam mata pelajaran, dan mengaji bersama dengan masyarakat sekitar. 

Pada tanggal 6 Desember 2021, Desa Sandik terkena banjir yang merendam rumah-rumah warga serta posko yang ditempati Team KKN Terpadu Desa Sandik 2021.  

" Barang dan berbagai hal yang ada terendam bahkan hanyut oleh air sungai. Oleh karena itu, Team KKN Terpadu Desa Sandik 2021 melakukan penggalangan dana di perempatan lalu lintas Pasar Rembiga untuk membantu masyarakat sekitar." Katanya. 

Dari hasil penggalangan dana tersebut, kata Kades, di salurkan lah bantuan berupa sembako dan dibagikan kepada kurang lebih 70 kepala keluarga. 

" Tidak berhenti disitu, penyaluran bantuan berlanjut dimana Team KKN Terpadu Desa Sandik 2021 mendapatkan bantuan dari pihak ITDC Unram berupa sembako dan kebutuhan sehari hari dan disalurkan kepada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan." Jelas Kades. 

Dari pihak PERSAGI NTB juga menyalurkan bantuan pula berupa sembako kepada korban banjir di Dusun Kayangan melalui Team KKN Terpadu Desa Sandik 2021 kepada 40 kepala keluarga di Dusun tersebut.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar