SPACE IKLAN

header ads

Di Buwun Mas, Tanggul Tepi Pantai Disulap Jadi Wisata yang Unik

HEADLINE NEWS
Oleh. ll
Senin (7/2/2022). 

Lombok Barat - Pembangunan Tanggul Pantai (costal area) sepanjang 650 meter oleh Kementerian PUPR melalui BWS Wilayah NTB di Pantai Teluk Sepi Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Lombok Barat NTB menjadi penyelamat warga dari ancaman abrasi pantai.

Kepala Dusun Sepi Dedy Irawan menuturkan sebelum adanya pembangunan Bangunan penahan Pantai (Tanggul) warga sekitar pantai selalu dihantui oleh Musim Angin utara.

"Setiap mau menghadapi musim utara warga Dusun Sepi selalu khawatir rumahnya dari ancaman air pasang air laut," kata Dedy kepada Wartabumigora.id Senin (7/2/2022).

Dimana musim angin selatan merupakan saat - saatnya air laut pasang hingga gelombang naik menerpa rumah warga dan musim tersebut datang setiap awal Januari hingga bulan Juni.

Kekhawatiran tersebut tutur Dedy dirasakan warga selama puluhan tahun. Dampak akibat gelombang naik di Pantai Teluk Sepi membuat luas pantai menyusut, selain itu juga kerasnya gelombang ombak yang terkadang naik ke pemukiman warga ketika air sedang pasang. 

" Kadang-kadang air laut naik ke pemukiman warga, bahkan ke gang-gang jalan dan ini yang membuat warga resah." ujar sosok Kadus enerjik. 

Namun, kata kadus Dedi dengan adanya pembangunan tanggul bukan hanya sebagai penahan gelombang banyak manfaat lain yang di rasakan warga diantaranya menjadi Objek wisata, serta tempat kuliner dan sebagai sentral penjuangan ikan di Teluk Sepi sehingga menjadi meningkatnya perekonomian Masyarakat.

" Dan rencana kita adakan trik joging dan taruhkan Berugak serta rencana akan kita pasangkan lampu biar terang," Katanya.

Selain itu juga disini ada dermaga apung yang tentu nantinya akan mempermudah akses wisata ke pantai pasir putih yang ada Pantai Pansing. 

" Jadi aksesnya kan mudah bagi pariwisata nanti akan mudah ke pantai Pansing tinggal kita antar pake sampan melalui Dermaga Apung Teluk Sepi," ujarnya. 

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Buwun Mas Rohidi, dengan hadirnya bangunan area penahan pantai Teluk Sepi menjadi tempat banyaknya kegiatan terutama bagi wisata. 

" Ya tentu ke depan kita akan prioritas kan dan akan memanfaatkan menjadi akses wisata yang ada di Desa Buwun Mas, dan insyallah kita akan perjuangan kan kembali seperti apa yang kita perjuangkan hari ini," harapnya." katanya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar