SPACE IKLAN

header ads

Karnaval Budaya "Manten Tebu" PT. SMS, Sekda Dompu Lakukan Ini

Karnaval Budaya "Manten Tebu" PT. SMS, Sekda Dompu Melakukan Ini.

Oleh. Ipul.
Rabu. 27 Juli 2022.

DOMPU - PT. Sukses Mantap Sejahtera (SMS) memasuki tahap pembukaan giling dan panen tebu tahun 2022. Memeriahkan dan menyambut dengan suka cita perusahaan gula yang beroperasi di Kecamatan Pekat tersebut mengadakan acara karnaval budaya “Manten Tebu” yang diadakan di halaman Pabrik PT. SMS, Rabu (27/07/22).

Acara yang yang mengangkat tema “ Dengan Tanam Tebu Tumbuh Masyarakat yang Sejahtera” ikut dihadiri oleh Ketua DPRD, Sekda, Dandim 1614/Dompu, Presiden Direktur Samora Group, CEO PT. SMS, Unsur Muspika, Kepala Desa Se-Kecamatan Pekat, Jajaran PT. SMS Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan elemen penting lainnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu Gatot Gunawan PP. SKM. M.M.Kes mengatakan sektor pertanian utamanya tanaman pangan masih menjadi mata pencaharian utama masyarakat Kabupaten Dompu dibandingkan perkebunan.


Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sektor ini masih rendah  sekitar 5%.”Hal ini disebabkan animo masyarakat yang rendah dan pengaruh faktor iklim,” kata sekda mengawali sambutannya.

Melanjutkan, masyarakat Dompu patut bersyukur dengan telah didirikannya pabrik gula oleh PT. SMS yang merupakan pabrik gula swasta terbesar untuk Wilayah Indonesia Timur, dengan luas perkebunan inti lebih dari 5.000 hektar dan kebun mitra seluas 1.700 hektar.

“pasarnya pasti terjamin dengan adanya pabrik gula yang dikelola oleh PT. SMS di Kabupaten Dompu.” imbuhnya.

Mengakhiri sambutannya Sekda mengucapkan  terima kasih kepada PT. SMS karena telah memproduksi Gula dengan merk dagang Tambora. “Tentunya selain memproduksi gula, juga telah ikut mempromosikan Kabupaten Dompu di beberapa wilayah Indonesia Timur lainnya,” ucapnya.

Sebelumnya Presiden Direktur Samora Group Yohan Setiawan saat menyampaikan sambutannya menyampaikan rasa bahagia buat saya karena PT. SMS dan mitra  tani dari tahun ke tahun produksinya terus menunjukkan tren kenaikan.

Pada tahun 2021 di produksi gula yang  dihasilkan sebesar 118.00 ton dan tahun ini sebesar 200.000 ton, kedepan dengan dukungan jajaran PT. SMS dan petani produksi tebu lebih tumbuh dan berkembang karena untuk tahun depan kami tergetkan 500.000 ton.

“Tentunya dengan produksi tebu yang lebih besar secara otomotis pendapatan jajaran PT. SMS serta kesejahteraan para petani akan lebih meningkat,” harapnya.

Kemudian Yohan Setiawan  melaporkan jajaran PT. SMS mempekerjakan 350 karyawan tetap dan petani sejumlah 3000 orang, ditambah lagi saat musim giling pekerja yang direkrut sebanyak 3500 orang dan kalau dihitung jumlah petani dan pekerja mencapai angka 7.000.

Selain bekerja memproduksi tebu kami  PT. SMS ketika berada diluar ikut andil mempromosikan vendor local di Kabupaten Dompu.

“Kami merasa sudah menjadi bagian dari Kabupaten Dompu karena sudah 11 tahun kami berada disini,” Kata Yohan menutup sambutannya.

Karnaval budaya tradisi manten tebu merupakan tradisi mengawinkan dua batang tebu sebelum masuk penggilingan. Filosofinya tebu-tebu yang dikawinkan diharapkan akan menghasilkan keturunan tanaman tebu yang banyak dan berkualitas

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar