SPACE IKLAN

header ads

Desa Peresak dan Desa Senggigi Wakili Lombok Barat Lomba PPID Desa Tingkat Provinsi NTB

Oleh. L. Emmy/rd.

Rabu 3 Agustus 2022.

LOMBOK BARAT -- Asistensi persiapan lomba PPID Desa Tingkat Provinsi NTB Tahun 2022 dilaksanakan oleh Dinas Kominfotik Kab. Lombok Barat pada hari Rabu (4/8/2022) di Desa Peresak Kec. Narmada dan Desa Senggigi Kec. Batulayar.

Kegiatan asistensi ini dilaksanakan di Kantor Desa Peresak dan Desa Senggigi dalam rangka mengecek kesiapan untuk mengikuti lomba PPID Desa Tingkat Provinsi NTB tahun 2022 yang dilaksanakan pada bulan September. Dua desa ini menjadi wakil Kab. Lombok Barat untuk berlaga dalam penilaian Desa informatif di NTB tahun 2022. Hal ini berdasarkan surat Komisi Informasi Provinsi NTB No. 040 tahun 2022, bersaing dengan 16 desa perwakilan  kabupaten seluruh NTB.

Kepala Dinas Kominfotik Kab. Lombok Barat melalui Kepala Bidang IKP Arief Rachman, S.IP menjelaskan bahwa PPID Desa sebagai wadah Desa dalam menerima atau menolak permohonan informasi dan dokumentasi dari masyarakat. Hal ini sejalan dengan undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Sehingga pejabat PPID bisa memberikan informasi kepada publik sesuai dengan alur dan ketentuan yang berlaku.

 "PPID Desa ini sudah sejalan dengan PPID Utama karena payung hukumnya jelas yakni Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 dan Perda No. 2 Tahun 2017 tentang Keterbukaan Informasi Publik". Jelasnya.

Arief Rachman, S.IP juga menyampaikan arahan dan harapan Pimpinan Daerah Lombok Barat kepada dua desa yang mewakili Kabupaten Lombok Barat dalam mengikuti lomba PPID Desa tahun 2022 untuk mempersiapkan diri secara maksimal. Melengkapi setiap komponen kuisioner yang akan dinilai dengan cermat. Sehingga harapannya Desa wakil Lombok Barat bisa menjadi yang terbaik keterbukaan informasi di Provinsi NTB. 

"Kami menyampaikan arahan Bapak Bupati agar kita mempersiapkan diri secara maksimal dan berharap menjadi yang terbaik (juara 1)". tegasnya.

Sementara itu Kepala Desa Peresak Bahri, S.IP menyambut baik dan bangga atas ditunjuknya Desa Peresak sebagai salah satu wakil Lombok Barat dalam lomba PPID Desa Tingkat Provinsi NTB 2022. Ia menyampaikan akan menyiapkan segala komponen yang dinilai secara maksimal bersama seluruh jajarannya. Ia berharap Desa Peresak bisa menjadi yang terbaik dalam keterbukaan informasi publik dan menjadi juara. Ini didasari karena Desa Peresak sudah mendapatkan anugerah DBiP Nasional 2017 Tingkat Provinsi NTB.

 "Kami menyambut baik dan bangga atas penunjukan mengikuti lomba PPID Desa 2022, kami akan mengikuti secara maksimal dan berharap menjadi yang terbaik. Kami mohon doa dan dukungan dari semua pihak". harapnya.

Senada dengan Kades Peresak, Kepala Desa Senggigi Mastur, SE sangat mendukung kegiatan lomba PPID Desa 2022 karena dengan hal ini akan memacu Desa dalam pengelolaan keterbukaan informasi publik. Kepala Desa yang juga Ketua APDESI Lombok Barat ini menyampaikan bahwa Desa Senggigi sendiri telah mengelola Website Desa dengan baik sehingga segala kebijakan dan potensi Desa bisa dilihat. Bahkan saat ini Desa Senggigi juga mengelola aplikasi Simpel Desa yang membuat keterbukaan informasi publik menjadi maksimal. 

"Kami sangat setuju dan mendukung kegiatan lomba ini, alhamdulillah kami ditunjuk ikut lomba PPID Desa dan akan mengikuti secara maksimal. Mohon doa dan dukungan kita semua semoga menjadi yang terbaik". tegasnya.

Asistensi ini juga dihadiri oleh Pejabat Fungsional Pranata Humas pada Diskominfotik Lobar Hamzah, S.Pd dan Radiananto Wijanarko, SE serta tim liputan dan multimedia Diskominfotik Lobar.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar