SPACE IKLAN

header ads

Guru Garis Depan dan Siswa SDN di Pulau Terluar, Kibarkan Bendera Di Perbatasan RI

Guru Garis Depan dan Siswa SDN di Pulau Terluar,  Kibarkan Bendera Di Perbatasan RI.

Oleh. L. Emmy.
Rabu 17 Agustus 2022.

LOMBOK BARAT -- Pengibaran Bendera Merah Putih di perbatasan NKRI dalam rangka Semarak Kemerdekaan HUT RI-77 dilaksanakan pada hari Jum'at (12/8/2022). Kegiatan ini diikuti oleh para Guru Garis Depan, Siswa SDN 13 Buwun Mas, Kapolres Lombok Barat, Camat Sekotong, Kepala Desa Persiapan Belongas, Kepala SDN 13 Buwun Mas, Kepala Dusun Panggang, Tokoh Masyarakat.

Kepala SDN 13 Buwun Mas Lalu Gunawan, S.Pd menerangkan bahwa SDN 13 Buwun Mas Kec. Sekotong merupakan sekolah dasar yang ada terletak diujung selatan Lombok Barat. Sekolah ini berada di Dusun Panggang Desa Persiapan Belongas pemekaran dari Desa Buwun Mas. Sebuah dusun yang terletak di sekitar Pulau Panggang yang merupakan Pulau Terluar Repubilik Indonesia dan merupakan perbatasan antara Indonesia dengan Australia. Pulau Sepatang ini adalah pulau terluar Republik Indonesia yang terletak di Kabupaten Lombok Barat Propinsi Nusa Tenggara Barat. "Sekolah kami berada di daerah perbatasan dengan Australia karena di depan ini Pulau Sepatang yang merupakan pulau terluar Republik Indonesia dan berbatasan dengan Australia". terangnya.

Lalu Gunawan, S.Pd menyampaikan kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Terluar Indonesia dalam rangka Semarak Kemerdekaan HUT RI-77. Kegiatan ini sebagai bentuk dan wujud nasionalisme yang ditanamkan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat bersama Polres Lombok Barat kepada anak didik dan masyarakat di Garis Depan Perbatasan atau Pulau Terluar dari Republik Indonesia. Ia mengatakan dengan adanya kegiatan seperti ini akan memberikan wawasan nasionalisme dan patriotisme kepada para peserta didik sebagai generasi penerus bangsa sehingga rasa kebangsaan dan nasionalisme terus berkobar. "Kegiatan yang sangat bagus dalam penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme kepada siswa sejak dini tentu dengan kegiatan ini kami ingin para siswa dan masyarakat terus menguatkan semangat patriotisme dan nasionalisme kebangsaan". tuturnya.

Kepala Sekolah yang dikenal dengan Mamiq Pembayun ini menaruh harapan besar kepada Pemda untuk terus memberikan perhatian dalam pembangunan di daerah terluar Lombok Barat. Ia mengatakan bahwa Pemerintah Daerah selama ini telah memberikan perhatian yang besar terhadap daerah terluar di NTB ini.  Namun demikian ia berharap agar Pemda dapat terus meningkatkan sarana prasarana pendidikan agar kualitas pendidikan tetap terjamin. "Kami berharap mendapatkan perhatian lebih dari Dinas Dikbud terkait Sarpras terutama dalam perbaikan Jamban dan ruang belajar agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik" harapnya.

Geliat pendidikan di daerah terluar mengalami peningkatan beberapa tahun belakangan ini dengan diberikan perhatian khusus. Kebijakan  pemerintah daerah melalui Dinas Dikbud yakni menempatkan 90% guru garis depan di sekolah-sekolah Desa Buwun Mas. Serta CPNS dan PPPK lebih banyak ditempatkan di wilayah Kecamatan Sekotong dengan tujuan pemerataan pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan. "Kami bersyukur dengan banyaknya guru PNS dan PPPK di wilayah terpencil". tutupnya.

Sementara itu H. Fauzan Khalid Bupati Lombok Barat yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Lombok Barat mengatakan bahwa pengibaran bendera di Daerah Terluar Republik Indonesia ini sebagai wujud nasionalisme siswa di daerah terluar dan guru garis depan yang mengajar di Daerah terluar Republik Indonesia. Ia mengatakan bahwa hal ini merupakan kebanggaan bagi bangsa dan negara karena para siswa di daerah terluar dapat merayakan kemerdekaan dengan melakukan pengibaran bendera di Daerah Terluar Republik Indonesia yang berbatasan langsung dengan Australia. Pemerintah Daerah Lombok Barat terus mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Kalangan Guru dan Siswa melalui Dinas Pendidikan dan Kabudayaan. Hal ini merupakan Komitmen Pemerintah Daerah untuk terus mengembangkan pendidikan dan membentuk karakter anak bangsa.

 "Tentu kami terus berkomitmen dan gerak cepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan serra membentuk karakter anak bangsa agar dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia,"ujarnya.

Bupati dua periode ini mengatakan berbagai program dan kegiatan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI. Hal ini untuk memeriahkan Semarak Kemerdekaan RI ke 77 di Kabupaten Lombok Barat. Selain itu hal ini juga diharapkan sebagai momentum kebangkitan bagi Indonesia khususnya Kabupaten Lombok Barat setelah dihantam oleh pandemi covid19 beberapa waktu lalu. Ia berharap agar momentum hari kemerdekaan ini dapat membangkitkan semangat dan motivasi masyarakat dalam membangun bangsa dan negara serta daerah. 

"Kita semua berharap agar hari kemerdekaan ini menjadi momentum kebangkitan Indonesia setelah dihantam oleh Pandemi Covid19. Tentu dibutuhkan semangat kolaborasi dan kerjasama agar pembangunan dapat berjalan dengan baik dan sukses serta merata di semua lini,"ujarnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar