SPACE IKLAN

header ads

Ternyata Kain Tenun Hasil UMKM Lombok Barat Mendunia

Event Senggigi Fashion Week yang dilaksanakan pada hari Minggu (28/8/2022) di Sea View Aruna.

Oleh. L. Emmy
Senin 29 Agustus 2022.

LOMBOK BARAT -- Event Senggigi Fashion Week yang dilaksanakan pada hari Minggu (28/8/2022) di Sea View Aruna. Kegiatan yang dihadiri oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Forkopimda Lobar, Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah, TP-PKK Lobar, DWP Lobar, GOW Lobar, ribuan pengendara sepeda, pelaku UMKM Lobar, anggota Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekernasda) Lobar serta murid SMKN 1 Gerung. 

Senggigi Fashion Week adalah salah satu rangkaian dari event Senggigi Cycling Day. Adapun peserta dari Senggigi Fashion Week ini berasal dari Dekernasda Lobar, TP-PKK Lobar, DWP Lobar, Ketua DPRD serta murid SMKN 1 Gerung. Dalam wawancaranya ketua Dekernasda Lobar Hj. Khaeratun Fauzan Khalid menyampaikan bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan Senggigi Fashion Week ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat serta wisatawan yang hadir pada hari ini kain tenun ikat khas Lombok Barat, sehingga dapat lebih digunakan untuk masyarakat berbagai gender dan tidak hanya ibu-ibu saja.

 “Kain tenun ini diharapkan dapat juga digunakan oleh anak-anak muda di Lombok Barat sehingga dapat lebih dikenal lagi. Selain itu, kami juga mengadakan kegiatan untuk membantu mempromosikan UMKM pengrajin kain tenun yang ada di Lombok Barat,” jelasnya. 

Ketua TP-PKK Lobar ini juga mengatakan bahwa selain untuk mempromosikan hasil kerajinan UMKM Lobar, kegiatan ini juga diadakan dalam rangka silaturahmi dari seluruh orang yang hadir. “Kami dari Dekernasda Lobar bersama organisasi-organisasi lainnya akan kembali bekerjasama untuk membuat event ini menjadi event rutin yang akan diadakan kemungkinan setiap tiga bulan sekali,” terangnya. 

Ketua DWP Lobar Hj. Nurhikmah Baehaqi menambahkan bahwa walaupun event Senggigi Fashion Week ini diadakan secara dadakan, akan tetapi acara dapat terlaksana dengan sukses. 

“Harapan kami agar kain tenun Lombok Barat tidak hanya dikenal oleh masyarakat NTB saja, melainkan oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Selain itu kami juga berharap dengan semakin terkenalnya kain tenun Lobar dapat membantu meningkatkan ekonomi pengrajin kain tenun serta UMKM di Lobar,” harapnya. 

Adapun peserta Senggigi Fashion Week yang berjumlah hampir 100 orang ini terdiri dari berbagai organisasi wanita di Lombok Barat serta terdapat juga beberapa murid dari SMKN 1 Gerung yang dimana desain mereka telah menjadi juara pada lomba desain kain tenun Dekernasda Prov. NTB lalu. Kepala Sekolah SMKN 1 Gerung Erni Zuhara mengatakan bahwa ia dan murid-murid SMKN 1 Gerung merasa sangat antusias serta menyambut gembira atas diadakannya kegiatan ini. 

“Kami SMKN 1 Gerung memiliki jurusan desain busana dan kami berharap Pemkab Lobar dapat menggandeng para murid SMKN 1 Gerung yang berpotensi untuk ikut berperan serta dalam mengembangkan kain tenun Lobar ini, karena kami di SMKN 1 Gerung memiliki lima murid yang telah mendapatkan juara pada lomba desain kain tenun di Dekernasda Prov. NTB lalu,” tegasnya. 


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar