SPACE IKLAN

header ads

Wali Kota Bima, Meraih Penghargaan Pelayanan Publik

Wali Kota Bima, Meraih Penghargaan Pelayanan Publik.

Oleh. Ipul
Sabtu 20 Agustus 2022.

KOTA BIMA - Wali Kota Bima Muhammad Lutfi, kembali menghadiri acara Talk Show di MNC Group sebagai nara sumber di program Speak After Lunch di studio iNewstv pada Jumat (19/8/2022). 

Dalam acara tersebut, Wali Kota Bima mengangkat tema tentang Pelayanan Publik. Dimana tema ini diangkat kembali setelah sebelumnya pada tahun 2021 Pemerintah Kota Bima mendapat penghargaan dari Ombudsman RI sebagai pemerintah daerah yang tingkat kepatuhan tinggi dengan nilai 97,50 persen pada standar pelayanan publik, sehingga meraih juara 3 Nasional.

Diakuinya, salah satu bentuk keberhasilan Pemerintah Kota Bima dalam hal pelayanan publik terbaik, tak lain berkat komitmen seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), RT, RW dan juga komitmen Wali Kota Bima guna meningkatkan segala bentuk pelayanan bagi masyarakat. 

Selain itu, dengan adanya pemerintahan yang bersih dari yang namanya praktek jual beli jabatan, akan membuat kinerja para kepala OPD untuk bekerja sungguh-sungguh sesuai tupoksi masing-masing demi kemajuan daerah yang lebih baik.

"Sarana penunjangnya adalah common center dengan aplikasi Smart City. Aplikasi tersebut dapat diakses seluruh RT dan seluruh OPD se-Kota Bima dengan handphone androidnya. Sehingga, segala yang terjadi di tengah lingkungan masyarakat akan lebih cepat diketahui dan ditangani seandainya ada kejadian bencana maupun masalah lainnya," jelas Wali Kota Bima.

Dijelaskannya, dalam memperbaiki sistem pelayanan publik,  Pemerintah Kota Bima dengan keterbatasan anggaran APBD yang hanya kurang lebih Rp700 miliar, namun cukup mampu meningkatkan pelayanan hingga meraih juara tingkat nasional. 

"Dalam meningkatkan pelayanan publik, bentuk komitmen seluruh OPD yang utama dibutuhkan ditengah minimnya APBD. Hingga kini Kota Bima sudah menerobos 64 inovasi, dan mendapatkan berbagai penghargaan termasuk mendapat penghargaan dari MNC Group kategori pelayanan publik pada program Digital Innovation Award (DIA) diakhir Maret 2022," terangnya.

Selain itu, Wali Kota Bima juga mendapat undangan untuk menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI) bersama sejumlah kepala daerah lainnya di indonesia pada bulan September 2022 mendatang di Semarang Jawa Tengah. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar