SPACE IKLAN

header ads

Berjatuhan Korban dari Mahasiswa di Aksi Patung Kuda Hari Ini

Berjatuhan Korban dari Mahasiswa di Aksi Patung Kuda Hari Ini.

Oleh. Mell
Kamis 15 September 2022.

JAKARTA -- Sejumlah anggota Brigade Mobil (Brimob) dikerahkan untuk memperketat penjagaan aksi unjuk rasa Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di kawasan Patung Arjuna Wijaya atau Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (15/9/2022).

Berdasarkan pantauan Wartabumigora.id, sejumlah pengunjuk rasa berupaya menerobos kawat berduri serta barikade beton yang terpasang di Jalan Medan Merdeka Barat.

Atas dasar tersebut, pasukan Brimob turun tangan menjaga aksi unjuk rasa itu untuk mencegah massa mahasiswa merangsek ke kawasan Istana Merdeka.

Selain itu, anggota kepolisian juga mengimbau peserta unjuk rasa untuk tidak merusak kawat berduri yang terpasang tepat di bawah jembatan penyeberangan orang (JPO). Adapun pengunjuk rasa dari elemen mahasiswa menerobos kawat berduri dan barikade beton untuk meminta Presiden Joko Widodo menemui massa aksi. Peserta unjuk rasa ingin menyampaikan secara langsung tuntutan yang telah mereka buat berkait kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM per 3 September 2022 pukul 14.30 WIB.

"Kami ingin berdiskusi dengan presiden kami, tanpa terkecuali. Kami tidak ingin didatangi oleh staf-staf presiden," ujar orator massa mahasiswa melalui pengeras suara.

Koordinator Pusat Aliansi BEM SI Muhammad Yuza Augusti mengatakan, aksi demonstrasi hari ini merupakan kelanjutan dari aksi unjuk rasa yang sudah digelar sebelumnya pada 8 September 2022. Kala itu, BEM SI mengultimatum pemerintah untuk memenuhi tuntutan aksi terkait dengan pencabutan keputusan kenaikan harga BBM.

"Aliansi BEM SI memberikan ultimatum kepada pihak pemerintah selama 7x24 jam dimulai sejak tanggal 8 September 2022 untuk memenuhi tuntutan," kata Yuza dalam keterangannya, Rabu (14/9/2022). "Jika tidak dipenuhi, maka aliansi BEM SI akan kembali turun aksi dengan massa lebih banyak lagi," sambung dia.

Adapun tiga poin tuntutan yang disuarakan oleh BEM SI, sebagai berikut :

1. Menuntut dan mendesak pemerintah untuk mencabut keputusan terkait kenaikan BBM.

2. Menuntut dan mendesak pemerintah menunda proyek strategis nasional yang tidak berdampak langsung kepada masyarakat dan mengalihkan anggaran ke subsidi BBM.

3. Menuntut dan mendesak pemerintah untuk menerapkan regulasi pemakaian BBM bersubsidi secara tegas.

Sekitar pukul 17.00 tadi, dalam aksi ini terdapat banyak korban dari mahasiswa yang mengalami pingsan dan luka-luka. Diduga aparat represive terhadap mahasiswa dalam penanganan aksi, hingga timbul korban berjatuhan.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar