SPACE IKLAN

header ads

Cegah Penularan PMK, Babinsa Kodim 1628/SB Bersama Petugas Terus Pantau Hewan Ternak Warga

 

Cegah Penularan PMK, Babinsa Kodim 1628/SB Bersama Petugas Terus Pantau Hewan Ternak Warga.

Oleh. Amir
Senin 5 September 2022.

SUMBAWA BARAT - Anggota Babinsa Kodim 1628/Sumbawa Barat bersama Dinas Peternakan Kabupaten Sumbawa Barat Secara terus menerus memantau kesehatan hewan ternak sapi warga, di Wilayah Kabupaten Sumbawa Barat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Pemantauan kesehatan ini dilakukan sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya penularan virus PMK pada hewan ternak dengan cara mengecek langsung kondisi pada hewan sapi milik warga. Dari hasil pengawasan dan pengecekan langsung hewan ternak sapi di Desa Binaan para Babinsa  semuanya dalam kondisi sehat.

Hal itu dikatakan Komandan Kodim 1628/Sumbawa Barat Letnan Kolonel Inf Octavian Engalana Partadimaja, disela-sela kesibukannya di Sumbawa Barat, Senin (05/09/2022).

Anggota Babinsa  Kodim 1628/Sumbawa Barat akan terus bekerjasama dengan Babinkamtibmas dan dinas Peternakan Kabupaten Sumbawa Barat untuk melakukan sosialisasi,  pengecekan dan pendataan  hewan ternak warga supaya dapat memetakan posisi kerawanan terpapar wabah PMK di Desa Binaan.

Ia juga menyampaikan kepada Babinsa untuk selalu mengimbau kepada warga jika hewan ternaknya mengalami sakit agar dipisahkan dengan hewan ternak lainnya. Hal itu dilakukan untuk penanganan dini virus PMK agar tidak menular ke hewan ternak lain.

“ Ini merupakan salah satu langkah preventif kita bersama Dinas Peternakan guna mencegah penyebaran virus PMK yang berdampak pada hewan ternak dan perekonomian warga” jelas Dandim 

" Alhamdulillah sampai sekarang diwilayah kabupaten Sumbawa Barat belum kami temukan dilapangkan adanya hewan ternak warga terpapar virus PMK." Katanya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar