SPACE IKLAN

header ads

Musim Kering, Warga di Dusun Tanak Putek Kesulitan Air

Dampak Kemarau di Dusun Tanak Putek Desa Giri Sasak Kuripan, Hingga Warga Kesulitan Mandikan Jenazah Saat Kedukaan.

Oleh. ll
Kamis 1 September 2022.

LOMBOK BARAT - Dampak Kemarau Panjang Lombok Barat saat ini, sehingga masyarakat kekurangan air serta kesulitan memandikan jenazah saat kedukaan, Kamis (1/9/2022).

Peristiwa ini terungkap saat personel Polres Lombok Barat melakukan pendistribusian air bersih di Dusun Tanak Putek Desa Giri Sasak Kecamatan Kuripan Lombok Barat.

Kepala Dusun Tanak Putek H. Muhammad Asri Wiraguna mengatakan beruntung saat kondisi mendesak, ada pihak Kepolisian yang tengah melakukan pendistribusian air bersih.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Kapolda NTB, Bapak Kapolres Lombok Barat, Bapak Kapolsek Kuripan beserta jajarannya atas bantuan air bersihnya. Alhamdulillah sangat terbantu dengan adanya bantuan air bersih,” ungkapnya.

Terutama saat-saat mendesak seperti ini, Polres Lombok Barat hadir di tengah-tengah Masyarakat, sehingga warganya merasa sangat besyukur dan merasa sangat terbantu.

“Saat ini kami memang benar-benar sedang kekurangan air bersih. Tadi kebetulan salah satu warga sedang mengalami kedukaan, sehingga saat pemandian jenazah sempat tertunda,” ujarnya.

Beruntung saat itu, Polres Lombok Barat tengah menjadwalkan penyaluran air bersih di dusun tersebut, sehingga langsung memprioritaskannya di sini. Antara lain di Rumah duka dan masjid setempat.

“Harapannya, Kami mewakili masyarakat Dusun Tanak Putek untuk masa masa kemarau ini tetap bisa dibantu. Kalau bisa sekali seminggu, karena di sini kalau tidak salah sekitar 4 bulan kita sudah terdampak kemarau. Disinilah kami mohon bantuan dari bapak kepolisian untuk tetap menyalurkan kebutuhan air bersih ini,” pintanya.

Muhammad Asri juga berharap kepada dinas terkait juga bisa mengkoordinasikan, apabila ada bantuan untuk sumur bor untuk bisa memprioritaskan di dusunya. 

“Besar harapan masyarakat untuk dibantu, Kepada pihak kepolisian sangat sangat luar biasa, yang telah membantu kebutuhan kami akan kebutuhan air bersih,” ujarnya.

Menyikapi harapan Masyarakat kepada pihak Kepolsian, KBO Sat Samapta Polres Lobar Ipda Eko Ari Prastya, S.H., mengatakan pihaknya akan terus melakukannya, selama kekeringan masih melanda.

“Jadi untuk kegiatan hari ini, sebagaimana atensi dari bapak Kapolres Lombok Barat untuk pendistribusian air bersih. Kepada masyarakat yang mengalami kekurangan air, di mana dalam hal ini kita berkoordinasi dengan polsek kuripan,” ungkapnya.

Melakukan koordinasi melalui Bhabinkamtibmas di Desa Giri Sasak, bahwa  masyarakat tengah kekurangan air bersih. 

“Sehingga kami dari Sat Samapta Polres Lombok Barat sebanyak satu pleton turun kesini untuk pendistribusian air bersih. Dan pada saat kami di lokasi ini ternyata ada masyarakat Tanak Putek meninggal dunia sehingga kami memprioritaskannya terlebih dahulu,” pungkasnya.

Selain melakukan penyaluran air bersih, sekaligus membantu dalam pengamanan pemakaman sehingga berjalan aman dan lancar. 

“Jadi dalam hal pelaksanaan pendistribusian air bersih, akan terus kami koordinasikan dengan polsek-polsek yang berada di polres Lombok barat melalui Bhabinkamtibmas. Agar mengetahui secara rinci di mana titik-titik masyarakat yang kekurangan air bersih,” tandasnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar