SPACE IKLAN

header ads

Terbuka Untuk Umum, PDI Perjuangan Lobar Buka Pendaftaran Bakal Caleg 2024

Ketua DPC PDI Perjuangan Lobar HL Muhammad Ismail dan pengurus menggelar rapat pembukaan penjaringan dan pendaftaran bakal Caleg untuk ikut Pileg 2024.

Oleh. ll
Selasa 20 September 2022.

LOMBOK BARAT -- DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Kabupaten Lombok Barat memanggil putra putri Lombok Barat dan NTB untuk menjadi calon legislatif (Caleg) yang akan berkontribusi pada Pileg tahun 2024.  PDIP Perjuangan membuka pendaftaran caleg untuk DPRD kabupaten, Provinsi hingga DPR RI.

Partai berlambang Banteng itu, pun membuka peluang seluas-luasnya tidak saja bagi kader partai namun juga masyarakat umum untuk ikut menjadi caleg. Ditemui disela-sela rapat pembukaan penjaringan Bacaleg di kantor DPC PDI Perjuangan Lobar, Senin (19/9), Ketua DPC PDI Perjuangan HL Muhammad Ismail mengatakan, PDI Perjuangan Lobar resmi membuka pendaftaran Caleg untuk ikut Pileg 2024. "PDI Perjuangan telah membuka pendaftaran bagi caleg untuk Pileg DPRD Kabupaten, DPRD provinsi hingga DPR RI,"kata Mik Muhammad. Hadir pada kesempatan itu pengurus sekaligus Anggota DPRD Lobar H Sardian, Baiq Nurjani, dan pengurus lainnya.

Dijelaskannya, rapat DPC perjuangan Lobar sudah mengadakan rapat penjaringan bakal caleg tahun 2024. Pendaftaran caleg ini dibuka secara terbuka untuk umum, melalui media sosial, media elektronik, media cetak, baliho dan bener. Pendaftaran ini terbuka bagi semua kalangan, baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, kalangan milenial untuk ikut serta berkompetisi melalui pencalonan di PDI Perjuangan. Sebagai partai berideologi Pancasila, pihaknya pun membuka seluas-luasnya peluang bagi masyarakat bawah, hingga kalangan atas. Dan tidak terbatas bagi masyarakat. 

Pendaftaran caleg lanjut dia  selama 10 hari, dimulai sejak Senin tanggal 19 September sampai dengan 29 September. Untuk lokasi pendaftaran dibuka di masing-masing Daerah pemilihan (Dapil). Tim verifikasi pun telah dibentuk untuk menerima pendaftaran di masing-masing dapil. "Misalnya, di Gerung Kuripan bisa hubungi saya, dan ke kantor DPC di Gerung. Kemudian di Narmada Lingsar di sekretaris DPC, dan di dapil lain nanti disiapkan perwakilan tim yang menerima pendaftaran caleg. Dan kita sebar melalui banner atau pamflet"kata dia. Sekretaris DPC PDI Perjuangan Nyoman Widhiarsana, ST., CH., CHt.,CI. mengatakan melalui pendaftaran ini PDI Perjuangan ingin memberi penekanan kepada masyarakat bahwa PDI Perjuangan adalah partai terbuka. "Sehingga dalam hal penjaringan bakal caleg itu selain Kader PDI Perjuangan, kami juga membuka kesempatan bagi masyarakat luas untuk menjadi bakal caleg, baik DPRD kabupaten, provinsi dan DPR RI,"kata dia. Sehingga lanjut dia, masyarakat luas bisa mengajukan mendaftarkan diri menjadi Bacaleg. 

Dengan mengajak masyarakat luas, pihaknya juga ingin menyebar luaskan ideologi kepartaian PDI Perjuangan yakni Pancasila dan Marhaenisme Bung Soekarno melalui bakal Caleg. Pihaknya juga ingin dengan memperluas cakupan penjaringan bakal Caleg, dapat memberi satu nuasa baru bagi masyarakat pemilih di PDI Perjuangan dan masyarakat umum yang aktif pada pemilu nantinya untuk memilih Caleg yang miliki kapasitas serta kompetensi untuk duduk di DPRD Lobar. Untuk syarat mendaftar, sesuai UU pemilu, umur minimal 17 tahun atau sudah pernah menikah. Pendidikan minimal SMA. Tidak pernah dijatuhi hukuman pidana minimal 5 tahun, WNI, setia pada Pancasila. Dan paling penting menerima secara utuh AD/ART PDI Perjuangan. 

Dalam pileg nanti, PDI Perjuangan menarget maksimal semua Dapil terisi dan target minimal  6 persen kursi di DPRD Lobar terisi. "Kami optimis bisa mencapai target ini,'ujarnya. Sementara itu anggota DPRD Lobar dari PDI Perjuangan H Sardian menegaskan, dengan pendaftaran membuktikan bahwa PDIP Perjuangan adalah partai terbuka. "Sehingga PDI Perjuangan memanggil semua putra putri Lobar khususnya dan NTB umumnya untuk menjadi caleg pada pemilu 2024 nanti,"ujarnya. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar