SPACE IKLAN

header ads

Wujudkan Citra Diri Masyarakat yang Compotitif, Pemuda Aikmel Bentuk Formal Kecamatan

 

Pengurus Forum Kecamatan Aikmel.

Oleh. WB
Sabtu 10. September 2022.

LOMBOK TIMUR - Dalam rangka mempersatukan dan membangun masyarakat aikmel yang humanis, santun, partisipatif, sehat, dinamis dan sadar terhadap pelestarian alam serta budaya, pemuda - pemudi dari berbagai desa yang ada di kecamatan aikmel membentuk Organisasi yang bernama Formal (Forum Masyarakat Aikmel), (09/09/22).

Kecamatan Aikmel yang merupakan salah satu kecamatan tertua yang ada di Kabupaten Lombok Timur yang terbentuk sejak tahun 1898 dan terdiri dari 24 Desa dengan luas wilayah 122.92 km2. 

Dengan memiliki luas wilayah yang cukup luas, maka tentu memiliki banyak sekali perbedaan sehingga dari perbedaan tersebut, pemuda - pemudi yang di dukung oleh masyarakat aikmel dari berbagai desa yang ada di kecamatan aikmel membentuk suatu forum masyarakat yang diberi nama FORMAL (Forum Masyarakat Aikmel).

Pembentukan ini dilaksanakan di kawasan Ekowisata Bornong Bike Park desa aikprapa, dengan bebegai rangkaian acara sekaligus presmian pengurus terpilih.

Menurut ketua Presidium sekaligus salah satu pendiri Formal Moh. Subiardi SP.,SH menjelaskan, Formal dibentuk untuk menjawab persoalan-soalan sosial yang terjadi di masyarakat aikmel.

"Ide gagasan di bentuknya Formal ini tidak lepas dari situasi dan kondisi masyarakat aikmel ini yang butuh perhatian lebih, sehingga sangat perlu sekali adanya suatu forum yang membantu menjawab dan mencapai tujuan itu", Jelasnya.

Lanjut ketua presidium menjelaskan, tujuan di bentuknya Forum ini agar nantinya masyarakat aikmel memiliki wadah untuk mampu mengumpulkan ide, kratifitas dan gagasan.

" Sehingga harapannya forum ini dapat menampung inspirasi dan menjadi penyambung lidah masyarakat ke stikholder yang ada yang intinya menjadi pelindung bagi masyarakat", tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Formal  M. Tohri S.T Mengungkapkan, Kegiatan pembentukan Formal ini sebagai langkah awal kebangkitan masyarakat aikmel dalam hal sosial, SDM, budaya dan SDAnya. 

"Nantinya Formal bisa menjadi lembaga atau wadah masyarakat aikmel secara luas untuk menyalurkan aspirasi, mengawal program kemasyarakatan dan mambangun kemitraan dengan semua unsur di wilayah Kecamatan Aikmel", Ungkapnya.

Lebih lanjut M. Tohri berharap, "Formal Bisa menjadi kekuatan dan sumber energi masyarakat tentang pentingnya peran mereka sesuai kompetensi dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang humanis, santun dan parsititipatif serta kedepannya Formal bisa menjadi wadah solidaritas untuk bersama-sama berkolaborasi dan bersinergi untuk membangun kecamatan Aikmel yang kompetitif dan Edukatif", harapnya.

Selain itu juga, hadir dalam acara ini yaitu Dewan presidium, pengurus terpilih, anggota formal serta tokoh pemuda, agama, dan masyarakat yang di tutup dengan do'a bersama.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar