SPACE IKLAN

header ads

Ribuan Santri Ikuti Apel Nasional Hari Santri 2022 di lapangan Alun Alun Tastura Praya

Ribuan Santri Ikuti Apel Nasional Hari Santri 2022 di lapangan Alun Alun Tastura Praya.

Oleh. Wir.
Sabtu 22 Oktober 2022.

LOMBOK TENGAH - Ribuan santri di wilayah Kabupaten Lombok Tengah membanjiri Alun-alun Tastura Praya, Sabtu 22/10/22 dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional.

Ketua Panitia Pelaksanaan Hari Santri Nasional Kabupaten Lombok Tengah tahun 2022 Drs H.Lalu Asyari menyebutkan sebanyak lebih dari 2000 orang santri mengikuti Apel Nasional Hari Santri 2022 di lapangan Alun Alun Tastura Praya Lombok Tengah.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh pengurus pimpinan Ponpes,Organisasi keagamaan ,organisasi pemuda,FKUB,MUI,dan Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah berkalaborasi dengan pemerintah daerah kabupaten Lombok Tengah,seluruh elemen masyarakat

Para santri yang mengunakan baju putih, sarung dan peci, terlihat antusias mengikuti prosesi acara peringatan Hari Santri Nasional dari awal sampai selesai.

Dalam kesempatan itu,H.Jaelani M.Pd Kakanmenag Lombok Tengah menyampaikan Gelaran acara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.Kali ini, Apel Nasional Hari Santri tidak hanya diikuti oleh para santri, tetapi juga masyarakat umum, kepala daerah, aparat keamanan, pegawai negeri sipil (PNS), dan tokoh masyarakat.

Selama rapat persiapan akhir Apel Nasional Hari Santri 2022 yang terus di laksanakan oleh Kemenag Lombok Tengah yang di pimpin langsung oleh Kakanmenag Loteng H.Jaelani M.Pd, sejumlah pengurus wilayah dan pengurus ponpes di kabupaten Lombok Tengah melaporkan jumlah peserta yang akan ikut memeriahkan apel nasional.

" Apel Nasional Hari Santri 2022 , digelar Sabtu pukul 07:00 hingga selesai dengan berbagai rangkaian acara di antaranya devile ( Karnaval ) seluruh Santri Baik Santri Ponpes maupun Madrasah se Kabupaten Lombok Tengah sebelum memasuki tempat upacara," Kata H.Jaelani

Penetapan Hari Santri lanjutnya, menjadi momentum untuk mengenang dan menghormati jasa perjuangan para pahlawan, seperti K.H. Muhammad Hasyim Asy'ari, K.H. Ahmad Dahlan, H.O.S Cokroaminoto, Tengku Fakinah, yang turut berjuang sejak zaman prarevolusi kemerdekaan.

"Hari Santri adalah peringatan jasa dan keteladanan para pahlawan secara umum, yakni sebagai momentum mengenang kepahlawanan segenap bangsa Indonesia, bukan hanya satu kelompok tertentu saja,"tutur Kakanmenag Lombok Tengah.

Selain itu Bupati lombok Tengah H.Lalu Pathul Bahri Bertindak sebagai inpsektur upacara saat membacakan sambutan menteri agama menyampaikan, Hari Santri 2022 mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.tema tersebut mengandung pesan bahwa santri adalah pribadi yang selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. 

Sejarah telah membuktikan bahwa santri selalu ada dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. 

Santri dengan segala kemampuannya, bisa menjadi apa saja. Santri tidak hanya ahli ilmu agama, tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Meski bisa menjadi apa saja, santri tidaklah melupakan tugas utamanya menjaga agama. Karena salah satu tujuan agama adalah untuk memuliakan manusia. Sebaliknya, agama tidak diturunkan untuk merendahkan martabat kemanusiaan.

“Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusian atau hifdzunnafs adalah esensi ajaran agama, terutama di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk. Karena menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia.

Pelaksanaan Upacara dalam rangka hari santri Nasional Tahun 2022 di kabupaten Lombok Tengah di akhiri dengan pelepasan 25 Santri Ponpes Yang akan bertanding di Popesda, penyerahan hadiah kepada juara lomba yang di adakan oleh kemenag Lombok Tengah dan pembagian hadiah kepada 150 orang Santri Madrasah berprestasi oleh Baznas Lombok Tengah.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar