SPACE IKLAN

header ads

Dihadapan DPRD, Pemkab Lombok Barat Beberkan Nota Keuangan RAPBD 2023

Pj. Sekda Lombok Barat H. ilham, 

Oleh. L. Emmy
Selasa 15 November 2022.

Lombok Barat, WARTABUMIGORA -Pemerintah Kabupaten Lombok Barat menyampaikan Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Lombok Barat Tahun Anggaran 2023 melalui Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Sidang Utama DPRD Lombok Barat, Senin (14/11/2022). 

Rapat Paripurna dengan agenda penjelasan Kepala Daerah dan penyerahan draf Nota Keuangan dan RAPBD tahun 2023 dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Lombok Barat Hj. Nurhidayah. Sidang Paripurna ini juga dihadiri oleh 3 Wakil Ketua DPRD, Anggota DPRD, Pj. Sekda Lombok Barat H. ilham, Asisten dan para kepala OPD lingkup Pemkab Lobar. 

Dalam penjelasan Kepala Daerah yang dibacakan oleh Pj.Sekda H.ilham, Pemerintah Daerah menyampaikan bahwa penyampaian nota keuangan RAPBD 2023 ini dalam rangka sinkronisasi, integrasi dan menjaga kesesuaian antara dokumen perencanaan dan penganggaran yang telah disusun oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Selain itu pembahasan yang akan dilakukan oleh Eksekutif dan Legislatif senantiasa diarahkan untuk pencapaian visi dan misi Lombok Barat yang tertuang dalam RPJMD 2019-2022. H.Ilham melanjutkan bahwa rancangan APBD tahun 2023 berdasarkan pada asumsi kondisi ekonomi yang telah ditetapkan dalam kebijakan umum anggaran tahun 2023.

"Rancangan APBD tahun Anggaran 2023 juga mencerminkan upaya kita bersama untuk mewujudkan sinergitas kebijakan dalam upaya pemulihan berbagai sektor pasca pandemi Covid-19 khususnya pada peningkatan kondisi perekonomian daerah,yang direalisasikan melalui program dan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan pada SKPD dan unit SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat" jelasnya.

Dalam kesempatan ini Pemerintah Daerah menyampaikan bahwa RAPBD 2023 ini menjadi harapan untuk membangkitkan kembali berbagai sektor yang dihantam oleh pandemi covid19. Diharapkan RAPBD 2023 dapat memberikan dorongan dan energi yang kuat untuk pemulihan ekonomi Lombok Barat. Garis Besar Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2023 meliputi: Pendapatan Daerah pada APBD tahun anggaran 2023 yang di Anggarakan sebesar 1 Triliun 919 miliar rupiah lebih. Kemudian belanja daerah pada RAPBD 2023 dianggarkan sebanyak 1 Triliun 889 miliar rupiah lebih. Sehingga terdapat surplus anggaran sebesar 29 Miliar 900 Juta rupiah lebih yang digunakan untuk pembiayaan netto yang mengalami defisit sebesar 29 Miliar 900 Juta lebih. Dengan demikian Struktur APBD tahun 2023 antara pendapatan, belanja dan pembiayaan menjadi balance. 

"Nota keuangan dan Rancangan APBD tahun 2023 ini diharapkan agar segera dilanjutkan dengan pembahasan bersama eksekutif dan legislatif sehingga kesepakatan dan penetapan bersama rancangan APBD tahun 2023 dapat dilaksanakan tepat pada waktunya " ujar Pj. Sekda Lobar.

Dalam Rapat Paripurna DPRD ini juga diserahkan secara langsung Nota Keuangan RAPBD 2023 dari Eksekutif kepada Legislatif. Rapat paripurna ini berjalan dengan lancar.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar