SPACE IKLAN

header ads

Keren!! Ternyata Inovasi Pemuda Lembar Mampu Ciptakan Mesin Minger

Bupati Lombok Barat bersama Kadis

Perindag Lombok barat saat launching mesin minger di lembar.



Oleh. L. Emmy
Rabu 16 November 2022.

Lombok Barat, WARTABUMIGORA - Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid mengapresiasi dan mengungkapkan kebanggaannya atas karya inovasi anak muda Lombok Barat (Lobar) yang sukses menciptakan Mesin Minger pertama di NTB. Mesin minger ini adalah karya pemuda Lembar yang berhasil membuat mesin Pemotong alat berat serba guna atau Yang di sebut dengan Mesin CNC Plasma Cutting pertama di NTB. Hal ini atas bimbingan dari Kementerian Perindustrian dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Lombok Barat. 

Melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lombok Barat (Lobar) Mesin CNC Plasma Cutting yang di beri Merk " Minger" ini sudah resmi di launching oleh Bupati Lobar H. Fauzan Khalid di Hotel Montana Senggigi Lobar, Selasa, 15 November 2022. Hadir pada acara tersebut Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, Asisten 2 Setda Lobar Rusditah, Kadis Disperindag Kab. Lobar H. Muhur Zohri, Kadis Diskominfotik Kab. Lobar Ahad Legiarto, Kasat Pol PP Kab. Lobar Bq. Yeni S. Ekawati, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Lobar Maad Adnan, Kabid ILMEA Disperindag Kab. Lobar Sumaedy Radjiman, Perwakilan dari Pariwisata Kab. Lobar, Perwakilan dari Bappeda Kab. Lobar serta para peserta.

Dalam sambutnya Bupati Fauzan mengungkapkan bahwa inovasi para pemuda ini sangat luar biasa. Ia merasa bangga dengan inovasi dan kreasi para pemuda Lombok Barat dalam berbagai sektor. Menurutnya hal ini adalah energi baru bagi Lombok Barat dalam melaksanakan pembangunan.

Bupati Fauzan mengatakan pihaknya akan terus memberikan suport dan apresiasi dalam bentuk biaya produksi kepada anak Muda Lobar yang kreatif dan Inovatif terutama dalam bidang permesinan. Ia juga berharap dari hasil karya ini mampu memotivasi generasi penerus bangsa untuk terus berinovasi demi kemajuan bangsa dan negara. 

"Saya sangat bangga dan akan mengapresiasi anak-anak muda Lobar yang kreatif dan inovatif, dalam bentuk biaya produksi trutama pada bidang permesinan, yang dibuat sesuai dengan kebutuhan lapangan baik untuk industri kecil maupun besar" Jelasnya.

Fauzan juga berpesan agar karya industri lokal harus mengedepankan kualitas daripada harga. Hal ini sesuai dengan kebijakan Pemerintah melalui Perpres bahwa pemerintah harus memberdayakan hasil produk dalam negeri meski harganya sedikit lebih mahal.

"Pesan kami agar kreator harus lebih bersabar saat menjual hasil karyanya jangan terburu-buru banting harga agar mesinnya cepat terjual, tetap konsisten dan terus berinovasi serta meningkatkan kualitasnya karena pemerintah akan mendukung penuh serta akan membeli karya-karya anak bangsa",imbuhnya. 

Sementara itu pada kesempatan yang sama Kadis Prindag Lobar H. Muhur Zohri dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan sekaligus promosi IKM permesinan teknologi tepat guna. Mesin CNC Plasma Cutting merupakan mesin pemotong alat berat serbaguna bukan hanya di perutukan berbagai jenis logam saja melainkan juga bisa memotong kayu. Ia berharap kedepannya Lobar bisa mengupayakan sekolah kusus permesinan untuk mencetak generasi yang handal dan konsen pada bidang tersebut. 

"Kami berharap bentuk apresiasi Pemda Lobar terhadap kreasi anak muda ini adalah kedepannya mampu mendirikan sekolah khusus permesinan. Ini merupakan cita cita besar kami semua" jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan mesin CNC Plasma Cutting dengan merk "Minger" ini sudah di pesan oleh Pemda Lombok Timur (Lotim) sekitar 10 unit seharga kurang lebih 600 juta. Karenanya Ia meminta kepada para pemuda yang menghasilkan mesin minger ini untuk terus menjaga kualitas bahan dan terus berinovasi.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar