SPACE IKLAN

header ads

Awet Bertahun-Tahun, Ini Ciri Setrika yang Paling Bagus untuk Dibeli

Ilustrasi.

Jumat 9 Desember 2022.

WARTABUMIGORA -Banyak pemilik setrika terutama ibu-ibu yang mengeluhkan setrika kurang panas. Selain itu, problem setrika cepat rusak padahal baru dipakai beberapa bulan pun juga jadi persoalan yang sering dialami. Nah, jika Anda mengalami persoalan yang sama, mungkin bisa coba beberapa tips di bawah ini. 

Ada beberapa langkah yang bisa Anda simak sebelum membeli setrika supaya awet bertahun-tahun. Tips berikut ini memerlukan ketelitian Anda dalam membeli suatu produk. Apa saja? 

Tips Beli Setrika Agar Selalu Awet

Banyak ibu rumah tangga mengeluhkan setrika yang mudah rusak. Keluhan ini bisa jadi dialami sebab salah langkah dalam membeli produk di awal. Oleh karena itu, sebelum membelinya pastikan Anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini. 

1. Baca Dulu Konsumsi Daya Listrik

Salah satu trik yang paling tepat dalam membeli setrika adalah dengan memperhatikan lebih dulu daya listrik yang akan dikonsumsi. Jika daya asupan listrik pada perangkat elektronik tidak sesuai dengan daya listrik rumah, akan terjadi konsleting. 

Resikonya, bisa saja timbul kebakaran dan setrika mudah rusak. Jika hal ini terjadi berkali-kali, setrika hanya dapat bertahan sebentar saja. Jadi, sebelum membeli setrika pastikan Anda mencari tahu detail konsumsi dayanya. 

Mengetahui berapa Watt daya yang dihabiskan oleh setrika juga membantu Anda dalam mengontrol pengeluaran listrik. Nah, umumnya setrika menggunakan konsumsi daya sebesar 350 Watt. 

Namun, berbeda jenis setrika juga beda pula daya yang akan dikeluarkan, Biasanya untuk setrika jenis uap membutuhkan daya yang lebih besar sekitar 1000 hingga 2000 Watt. 

2. Pilih Setrika yang ada Pengontrol Suhunya

Tak hanya mengetahui berapa daya asupan listriknya, Anda juga perlu mencari tahu apakah setrika yang akan dibeli memiliki pengontrol suhu. Lebih oke lagi jika pengontrol suhu tersebut otomatis sehingga Anda tidak perlu repot mengaturnya. 

Fungsi dari pengontrol suhu pada setrika juga untuk menghindari terjadinya kebakaran atau pakaian gosong saat digosok. Nah, dengan begini material baju pun akan lebih awet. 

Anda pun perlu mempelajari pengaturan suhu pada setrika agar sesuai dengan jenis kain. Misalkan saja, pengaturan suhu dengan skala 1 digunakan untuk kain asetat, beaded dan nilon. Sementara skala 5 untuk kain yang ringan seperti katun dan linen. 

Demikian juga bila Anda ingin menyetrika kain yang agak tebal seperti selimut. Silahkan gunakan pengaturan suhu skala 7 agar proses menggosok lebih cepat. 

3. Setrika Sebaiknya Menggunakan Pelindung Kabel

Potensi kebakaran bisa saja terjadi bila Anda ceroboh saat menggunakan setrika. Apabila Anda termasuk orang yang suka teledor, sebaiknya beli setrika yang sudah dilengkapi dengan kabel pelindung. Dengan begitu, kabel listrik pun akan lebih tahan lama. 

Biasanya, kerusakan kabel pada setrika diakibatkan panas dari bagian utama setrika yang mengenai kabel. Tanpa Anda sadari, lama kelamaan lapisan benang ini akan membuat kabelnya tipis bahkan putus. 

Fungsi lain dari adanya pelindung kabel adalah membuatnya lebih tertata rapi. Selain itu, kabel pun akan terlindungi dari sinar matahari atau air hujan. Bisa jadi di rumah Anda sering ada tikus, kabel pelindung tersebut akan membuat kabel lebih awet. 

Mungkin Anda bisa saja membeli setrika tanpa pelindung kabel dan membelinya nanti terpisah. Hanya saja, memasang pelindung kabel pada setrika lumayan membutuhkan effort dan waktu. So, lebih baik sekalian Anda beli yang ada pelindungnya. 

4. Pilih yang Fiturnya Sudah Anti Gores

Bagian paling penting dari setrika adalah permukaan bawah atau tapak setrika. Bagian satu ini cukup penting karena akan langsung bersentuhan dengan pakaian dari berbagai jenis. 

Sebaiknya, pilih setrika dengan fitur anti lengket dan anti gores. Biasanya, fitur semacam ini sangat cocok untuk semua jenis pakaian, termasuk jeans hingga satin. 

Setrika dengan kelebihan anti gores biasanya juga cepat panas. Ini membantu Anda menyetrika dengan cepat tanpa perlu menunggu lama agar bagian bawahnya memanas. 

Di sisi lain, fitur anti gores yang Ada sangat memperpanjang masa pakai setrika tersebut. Bila setrika terlalu banyak goresan akan mengakibatkan Anda menambah biaya perawatan di tengah-tengah pemakaian. Tentu akan lebih boros lagi, kan? 

Beli setrika memang perlu teliti. Jika asal-asalan saja, resiko setrika tidak awet pun akan Anda alami. Sebaiknya beli setrika dengan mempertimbangkan trik diatas dan jangan asal tergiur dengan harga barang yang terlalu murah. 

Jika Anda membeli setrika secara online, wajib baca deskripsinya terlebih dahulu. Bisa juga chat seller terlebih dahulu untuk mengetahui detail fitur yang ditawarkan produk tersebut. Di BliBli ada ribuan setrika terbaik dengan fitur yang berbeda. Tersedia setrika merk Miyako, Maspion, Cosmos, Panasonic dan masih banyak lagi! Dijamin murah dan original, lho.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar