SPACE IKLAN

header ads

Bupati Dompu Pimpin Rakor Capaian Program Pembangunan Tahun Anggaran 2022

Bupati Dompu Pimpin Rakor Capaian Program Pembangunan Tahun Anggaran 2022.

Oleh. Ipul
Jumat 23 Desember 2022.

DOMPU, WARTABUMIGORA - Bupati Dompu, H Kader Jaelani didampingi Wakil Bupati, H Syahrul Parsan ST., MT memimpin rapat koordinasi (Rakor) evaluasi capaian  program dan kegiatan pembangunan Tahun Anggaran 2022.

Rakor dimaksud diagendakan Rabu (21/12/22) sekitar pukul 08.00 Wita – Selesai di Ruang Rapat Bupati Dompu.

Hadir di acara ini Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra SKM., M.MKes, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD dan Kabag Setda Dompu, Camat dan Kepala Bidang Lingkup OPD.

Bupati Dompu, H Kader Jaelani dalam arahannya menyebut evaluasi capaian pembangunan daerah sangat penting dilakukan.

Kata Bupati rakor ini memiliki makna yang penting yaitu untuk mengetahui sejauhmana capaian program dan kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan dapat dilakukan dengan baik oleh masing-masing OPD.

“Saya ingin memastikan bahwa program dan kegiatan yang sudah direncanakan di tahun anggaran yang berjalan terutama program dan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan program unggulan Jarapasaka dapat dilakukan dengan baik dan dapat memenuhi harapan masyarakat," jelasnya.

Bupati mengakui evaluasi capaian pembangunan menjadi bagian penting untuk menilai pencapaian sasaran pembangunan di daerah serta menganalisis permasalahan dan faktor keberhasilan dalam proses pelaksanaan pembangunan sehinggga menjadi lesson learned bagi perbaikan kebijakan pembangunan daerah pada tahap berikutnya.

Di momen ini Bupati H Kader Jaelani juga mengungkapkan  pengukuran pencapaian kinerja dan realisasi anggaran terhadap pelaksanaan program pembangunan daerah juga sangat penting dilakukan guna memastikan tercapainya target pembangunan yang ditetapkan secara ekonomis, efisien dan efektif.

Diakuinya RKPD Kabupaten Dompu tahun anggaran 2022 menjadi instrumen untuk evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, terutama berkaitan dengan pencapaian prioritas dan sasaran pembangunan daerah.

Lanjutnya menyampaikan tahun anggaran 2022 merupakan tahun pertama pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah periode 2021-2026.

Berikutnya Bupati menyebut RPJMD tahun 2021-2026 mengusung visi Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius) dengan 5 misi pembangunan dan 7 tujuan pembangunan    serta 13 sasaran pembangunan.

Kembali Bupati H Kader Jaelani menegaskan di awal tahun 2022 telah disepakati perjanjian kinerja antara Bupati Dompu dengan para Kepala Perangkat Daerah.

“Saat ini saya ingin mendengar dan meminta laporan terhadap perkembangan pencapaian kinerja yang telah diperjanjikan tersebut termasuk program prioritas jarapasaka, saya ingin mendengar sudah sejauh mana realisasi pelaksanaannya. apakah tercapai atau tidak," tuturnya.

Diakhir arahannya Bupati menyampaikan harapan agar jajarannya dapat bekerja keras mewujudkan berbagai pencapaian yang ditoterhkan di tahun 2023.

Diungkapkannya hal-hal penting yang ingin kita capai di tahun anngaran 2023 diantaranya mengejar pertumbuhan ekonomi 4,5 persen, menurunkan tingkat pengangguran terbuka menjadi 2,8 persen, menurunkan angka kemiskinan menjadi 11 persen, dan  meningkatkan indeks pembangunan manusia agar bisa tercapai dengan kisaran 70,27 poin.

“Indikator makro diatas merupakan sasaran pembangunan yang harus dicapai secara bersama-sama”, Ucapnya.

Disela waktu Wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan ST., MT menyoroti OPD yang masih melaksanakan pekerjaan yang belum sesuai dengan tugas dan fungsinya.

“Untuk kelancaran pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan selain membangun sinergisitas, komunikasi dan kolaborasi hendaknya OPD dapat bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya," harapnya.

Sekda Gatot Gunawan Perantauan Putra SKM., M.MKes diakhir kesempatan menyampaikan harapan agar apa yang disampaikan Bupati dan Wakil Bupati dalam arahannya agar menjadi atensi bagi pimpinan OPD.

“Apa yang menjadi arahan Bupati dan Wakil Bupati dalam rakor ini agar dapat menjadi perhatian dari pimpinan OPD untuk diwujudkan”, tegasnya.

Rakor berlangsung aman, tertib dan lancar diakhir dengan penyampaian materi oleh Kaban Bappeda dan Litbang, Kaban BPKAD, Kaban Bapenda, Kadis Pertambun kemudian diisi dengan diskusi dan Tanya jawab antara peserta yang hadir.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar