SPACE IKLAN

header ads

Harapannya Anies Baswedan berpasangan dengan Gatot Nurmantyo.

Poto istimewa.

Disampaikan oleh : Hasanudin

Catatan ini ditulis bukan sebagai prediksi politik, atau tebak-tebakan tentang siapa figur yang akan mendampingi Anies Baswedan. Lebih sebagai suatu harapan, dengan mempertimbangkan berbagai aspek tentang masa depan NKRI. 

Kenapa saya berharap Anies Baswedan menggandeng Jenderal Gatot Nurmantyo berikut pertimbangannya.

Pertama, tentu saja PKS maupun Partai Demokrat memiliki tokoh nasional yang layak untuk diajukan oleh masing-masing parpol tersebut. Di PKS ada tokoh seperti Hidayat Nurwahid, Ahmad Heriawan, dan banyak lagi tokoh yang memiliki "kedekatan" dengan umat. Demikian halnya di Partai Demokrat, banyak tokoh di partai Demokrat itu yang mumpuni, memiliki wawasan kebangsaan yang bagus, termasuk tentu saja AHY selaku Ketua Umum. 

Mencermati situasi politik nasional, yang tidak terlepas dengan situasi politik global, Indonesia benar-benar harus memperhatikan berbagai tantangan dunia diperkirakan semakin dinamis dan kompleks. Indonesia memerlukan pemimpin yang memperoleh legitimasi yang kuat dari warga negara disatu sisi, dan pada saat yang sama memiliki kemampuan mengatasi berbagai situasi dengan dinamika yang tinggi.

Analisis politik

Anies Baswedan insya Allah bisa memenangi pilpres 2024, sekalipun misalnya Anies berpasangan dengan AHY, atau Anies berpasangan dengan Khofifah. Namun, tingkat kemenangan yang akan diperoleh jika Anies berpasangan dengan Jenderal Gatot Nurmantyo akan lebih tinggi. Dari mana dasarnya? Tentu dari sisi kemampuan individual dari Jenderal Gatot Nurmantyo dengan jaringannya yang luas. Detailnya kami kira tidak perlu disampaikan. 

Pertimbangan lain adalah, figur Gatot Nurmantyo sekalipun dari unsur militer (purnawirawan TNI), namun pemikiran beliau sangat sejalan dengan nilai-nilai sipil atau supremasi sipil dalam membangun demokrasi. 

Wacana memasangkan Anies Baswedan dengan Gatot Nurmantyo ini, memang tidak banyak muncul ke permukaan, atau kurang menjadi perhatian. Tapi bukan berarti tidak memperoleh perhatian. 

Memang ada juga figur Andika Perkasa yang sebentar lagi akan memasuki purna bakti selaku Panglima TNI, namun saya kira dari segi cemistry tidak cocok dengan Anies Baswedan.

Lalu apakah harapan agar Partai Nasdem, PKS dan PD mengusung Anies Baswedan berpasangan dengan Gatot Nurmantyo akan terwujud? 

Saya tentu tidak bisa memastikan. 

Selanjutnya saya serahkan kepada Allah swt saja, semoga para petinggi Nasdem, PKS maupun PD diberi pertolongan oleh Allah swt dalam menentukan figur yang paling tepat, yang terbaik.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar