SPACE IKLAN

header ads

Peringatan HUT DWP Lobar ke 23, Perempuan Cerdas Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lombok Barat memperingati Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 DWP di Aula Kantor Bupati Lombok Barat, Kamis (15/12/2022).

Oleh. L. Emmy
Jumat 16 Desember 2022.

LOMBOK BARAT, WARTABUMIGORA – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lombok Barat memperingati Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 DWP di Aula Kantor Bupati Lombok Barat, Kamis (15/12/2022). Peringatan HUT DWP tahun 2022 ini mengusung tema “Membangun Perempuan Cerdas Untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital”.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Lombok Barat H. Ilham S.Pd., M.Pd, Penasihat DWP Lombok Barat Ny. Hj. Khairatun Fauzan Khalid, Ketua DWP Provinsi NTB Ny. Hj. Lale Prayatni Gita Aryadi, Ketua DWP Lobar Ny. Hj. Erni Zuhara Ilham, serta Kepala Dinas DP2KBP3A Lobar, Kepala BPKAD Lobar, Sekretaris Dinas Kominfotik Lobar, Ketua Organisasi Se aspirasi dan para pengurus DWP Kabupaten Lombok Barat.

Dalam sambutannya, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP)  Kabupaten Lombok Barat (Lobar) Ny. Hj. Erni Zuhara Ilham  menyampaikan sambutan ketua DWP Pusat Ny. Franka Makarim, dalam sambutannya menyatakan peran DWP mampu menjadi penggerak bagi peningkatan kualitas keluarga dan masyarakat.

“Selaku anggota DWP, kita terus mengingatkan bahwa ibu yang hebat dan perempuan yang cerdas adalah penentu kualitas keluarga dan masyarakat kita. Oleh karena itu, peringatan ini mengangkat tema Untuk Membangun Perempuan Cerdas dan Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital, dan juga sekaligus untuk meluncurkan Gerakan Keluarga Cerdas Membaca,” jelasnya.

Dengan tema dan gerakan tersebut, Franka mengajak seluruh anggota DWP untuk terus mengasah keahlian di berbagai bidang kehidupan, dan juga mendalami nilai-nilai Pancasila yang menjadi landasan dan pengembangan karakter.

Lebih lanjut Hj. Erni mengatakan, di Kabupaten Lombok Barat dalam rangka menyambut HUT DWP  sebagaimana yang telah disampaikan oleh ketua panitia, adapun rangkain kegiatan kami mulai dengan kegiatan sosial yaitu sunatan massal dan yang ke 2 yaitu lomba penilaian ketua unsur pelaksana berdedikasi, dimana telah diikuti oleh seluruh ketua unsur organisasi perangkat daerah (OPD) dan 10 kecamatan se-kabupaten Lombok Barat. Hal ini untuk memperkuat konsolidasi organisasi sampai dengan jajaran OPD dan Kecamatan di Lombok Barat.

Kemudian selanjutnya, kegiatan dalam rangka mendukung kampanye anti kekerasan terhadap perempuan dan anak dengan melaksanakan kegiatan lomba senam Three End. Berikutnya lagi kami telah melaksanakan kegiatan lomba hapalan Ayat Al Qur'an sebagai bagian dari gerakan untuk memperkuat karakter anak-sejak usia dini yang pesertanya adalah anak anak kita yang berada di bawah TK yayasan Dharma Wanita dan kegiatan yang terakhir yaitu lomba karaoke, lomba karaoke ini diikuti oleh Unsur Pelaksana termasuk kecamatan. Ini semua untuk mempererat tali silaturrahim antara pengurus sampai jajaran kecamatan dengan pengurus di kabupaten Lombok Barat.

Semoga melalui rangkaian kegiatan ini akan menjadi perekat bagi kami semua terutama anggota DWP Kabupaten Lombok Barat untuk turut serta dalam membangun daerah kita tercinta Kabupaten Lombok Barat.

Sementara itu, Penasihat Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lombok Barat yang juga sebagai ketua TP-PKK Lombok Barat Ny. Hj. Khairatun Fauzan Khalid pada acara Puncak Peringatan HUT DWP Ke-23 Tahun 2022, mengucapkan selamat atas perayaan HUT DWP yang ke 23 dengan membangun perempuan cerdas untuk memperkuat ketahanan keluarga di Era digital.

"Era digital ini menarik karena kita paham bahwa saat ini kita tidak bisa lepas dari digitalisasi, saya rasa semua lapisan masyarakat sudah paham dengan digitalisasi ini dan hal ini bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk memperkuat program program yang diadakan oleh DWP untuk hasil yang lebih baik”. 

Sesuai dengan kegiatan sehari-hari, tentu sebagai seorang perempuan tidak lepas dari keluarga. Dimana menurut Program BKKBN, ada 8 fungsi keluarga dan kalau itu dilaksanakan dengan baik, tersebut dapat menghasilkan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. Salah satunya sebagai pendidik. Ibu DWP sebagai istri dan salah satu orang tua, harus meningkatkan kemampuan potensi diri agar dapat menjadi pendidik yang baik dalam rumah tangga masing-masing", ucapnya.

Lebih lanjut dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangga kepada Ketua DWP dan jajarannya, yang telah melakukan banyak kegiatan - kegiatan yang kaitannya dengan meningkatkan perekonomian keluarga. Mulai dari pelatihan dan sosialisasi yang diikuti oleh berbagai pihak. Dan perlu diingat digitalisasi ini bisa sangat dimanfaatkan bagi keluarga, mari sama sama belajar untuk memajukan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lombok Barat.

"Perempuan walaupun diam di rumah harus bisa berinovasi, berpikiran cerdas dan bisa membantu suami dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui digitalisasi ini" tuturnya.

Selanjutnya selain ekonomi, cinta dan kasih keluarga sangat diperlukan yntuk meningkatkan ketahanan keluarga. Karena berkat cinta kasih keluarga , keluarga akan tetap kokoh berdiri .

Sehubungan dengan ini, ia menuturkan bahwa pihaknya juga sedang fokus dengan program Pola Asuh Anak di Era Digital yang dimana sangat mempengaruhi masyarakat Kabupaten Lombok Barat dalam beberapa puluh tahun yang akan datang. Sehingga diperlukan sikap bijak dalam menggunakan media sosial.

Kesalahan menggunakan media sosial akan berpengaruh pada keharmonisan keluarga. Karena apa yang sudah terposting di media sosial tidak akan pernah bisa di hapus jejaknya. 

"Gunakan media sosial untuk hal positif, menyebarkan cinta kasih kepada orang orang sekitar dan kepada anak anak kita" sarannya.

Yang terakhir adalah terus melaksanakan kegiatan yang menginovasi dan berkreasi di OPD masing masing. Yang dimana kegiatan tersebut sudah dilaksanakan dengan baik dan dapat dijadikan contoh bagi pihak lain untuk mengembangkan diri lebih baik lagi.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Lobar H. Ilham S.Pd., M.Pd juga menyampaikan atas nama pemerintah kabupaten Lombok Barat mengucapkan, "Dirgahayu Dharma Wanita Persatuan" semoga di usia ke-23 ini DWP semakin dewasa, semakin mandiri dan semakin profesional sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh anggota dan dirasakan manfaatnya lebih baik lagi oleh segenap masyarakat Kabupaten Lombok Barat.

Di dalam momen perayaan Hari Ulang Tahun, sesungguhnya kita sedang mencoba untuk merefleksi kembali perjalanan langkah yang sudah kita bangun bersama di dalam organisasi.

"Tentu pada perayaan DWP yang ke-23 ini, segenap jajaran pengurus dan anggota DWP mencoba untuk merenung kembali hal-hak apa yang sudah dilaksanakan dan berjalan dengan baik dan program kegiatan apa yang belum berjalan dan kegiatan apa yang perlu kita perbaiaki dan akan ditingkatkan kemudian dimunculkan di waktu yang akan datang", terangnya.

Di era digital, ini adalah merupakan peluang dan sekaligus merupakan tantangan bagi kita untuk membangun kehidupan keluarga. Banyak hal yang kita dapat dari digital, tetapi banyak hal yang mengancam masa depan anak-anak kita dan bahkan kita semua.

Oleh karena itu, para istri para ibu ibu di dalam keluarga memegang peran yang sangat penting di dalam mengarahkan anak-anak kita agar mereka arif dan bijak dalam menggunakan teknologi digital yang saat ini sedang maraknya di tengah kita semua.

Lebih lanjut H. Ilham mengatakan, DWP merupakan kebanggaan masyarakat Lobar, kebanggaan Indonesia, karena di kelahirannya yang ke-23 memberikan peran dan kontribusi yang sangat besar dalan membangun, baik secara Nasional, Provinsi dan juga di Kabupaten Lombok Barat sehingga index pembangunan gender kita saat sekarang ini sudah mencapai angka 86, ini artinya peran wanita di dalam membangun sudah cukup signifikan dan ini yang kita harapkan kepada ibu ibu hebat terutama DWP. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar