SPACE IKLAN

header ads

Pilkades Lombok Barat, Kadis DPMD Minta di Percepat

Kepala Dinas DPMD Lombok Barat, Hery Ramadhan.

Oleh. Ilhm
Kamis 1 Desember 2022.

Lombok Barat, WARTABUMIGORA - Dengan berakhirnya masa jabatan para Kepala Desa sebanyak 18 Desa se-kabupaten Lombok Barat tahun 2023, maka dijadwalkan tahun 2023 mendatang segera. Hal tersebut disampaikan, Hery Ramadhan selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Barat NTB. Kamis (1/12/2022).

Menurut Hery Ramadhan, untuk persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak saat ini, pihak pemerintah daerah Lombok Barat melalui Kepala Dinas DPMD sedang menyusun jadwal untuk tahapan Pilkades serentak 18 Desa.

" Untuk persiapan Pilkades serentak 18 desa tersebut kita masih susun jadwal," ujar Hery, saat ditemui wartawan di ruangannya. Kamis (1/12/2022).

Menurut dia, untuk pemilihan kepala desa (Pilkades) saat ini tidak ada opsi untuk di undur dan tetap akan dilaksanakan sebelum Oktober 2023 tahun depan.

" Karena tahun depan ada Pileg dan kita tidak akan mengulur-ulur dan kades tersebut akan berakhir Januari tahun depan 2023," katanya.

Sejauh ini lanjutnya, pihaknya dalam persiapan, pertama terkait dengan pendanaan kemudian penyusunan juklak juknis tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan di sempurna kan termasuk dengan logistik, khususnya kotak suara.

" Dan kalau surat suara kan nanti soalnya kita belum tau calonnya siapa kan, dan lain-lain, serta termasuk pembentukan panitia di tingkat kabupaten, kecamatan maupun panitia desa," imbuh Hery.

Selain itu juga kata dia, tentunya nanti akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Pol PP, Kepolisian, Kesbangpol, karena untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) ini sangat rentan serta semarak dan lebih terasa daripada Pilpres Pilkada dan lebih greget.

" Tentu ini sangat berbeda nanti dengan Pilpres, atau Pilkada soalnya Pilkades sangat rentan serta semarak, bahkan lebih terasa dampaknya," ujarnya.

Ditanya tentang anggaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 18 Desa tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Barat Hery Ramadhan, tidak bisa merincikan secara detail, pasalnya anggaran tersebut sudah dirancang melalui anggaran murni APBD.

" Ya tentu kita sudah atur dalam pembiayaan-pembiayaan tersebut, melalui APBD," katanya.

Hery, berharap dengan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 18 Desa tersebut, tentu tidak ada gejolak sosial yang terjadi di masyarakat.

" Harapan kita nyaman dan tidak ada gejolak nanti," singkat dia.

Adapun untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 18 Desa di Kabupaten Lombok Barat antaranya adalah.

1. Desa Guntur Macan Kecamatan Gunung Sari.

2. Buwun Mas Kecamatan Sekotong

3. Batu Putih Kecamatan Sekotong

4. Tempos Kecamatan Gerung

5. Nyiur Lembang Kecamatan Narmada

6. Kuranji Kecamatan Labu Api

7. Sekotong Kecamatan Sekotong

8. Gili Gede Kecamatan Sekotong

9. Sekotong Timur Kecamatan Lembar

10.Dasan Grie Kecamatan Lingsar

11.Labuan Tereng Kecamatan Lembar

12.Batu Layar Kecamatan Batu Layar

13.Kekait Kecamatan Gunung Sari

14.Jati Sele Kecamatan Gunung Sari

15.Meninting Kecamatan Gunung Sari

16.Mekar Sari Kecamatan Gunung Sari

17.Ombe Baru Kecamatan Kediri

18.Bengkel Kecamatan Kediri.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar